Jalan Tol Ruas Bayung-Lencir-Tempino Ditargetkan Rampung 2024, Progresnya Hampir 50 Persen

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 26/Janu/2024 11:24 WIB
Jalan Tol. (Ist) Jalan Tol. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan salah satu Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Bayung-Lencir-Tempino bakal rampung pada tahun ini. 

Mengutip informasi yang dibagikan Kementerian PUPR melalui akun instagram resminya, saat ini progres konstruksi JTTS tersebut secara keseluruhan memiliki progres rata-rata mencapai 48,79%.

Baca Juga:
Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi Ditargetkan Mulai Dibangun Akhir 2024

"Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino (Baleno) di Jambi adalah salah satu proyek strategis nasional dan merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra," tulis akun @kemenpupr dikutip Rabu (24/1/2024).

Adapun, jalan tol ini terbagi dalam 3 seksi utama, yakni seksi 1 sepanjang 7,62 kilometer (km) mencapai progres sebesar 52,67%, seksi 2 sepanjang 11 km progresnya sebesar 48,05%, dan seksi 3 sepanjang 15,47 mencapai 45,65%.

Baca Juga:
Tol Bayung Lencir-Tempino-Jambi Bakal Rampung Awal 2025

Apabila telah beroperasi nantinya, Jalan Tol Baleno diklaim mampu memangkas waktu tempuh dari Jambi menuju Palembang yang sebelumnya 8 jam menjadi 3,5 jam saja. 

Kemudian, hadirnya jalan tol ini juga akan meningkatkan sektor pariwisata, mempermudah aliran barang dan jasa, hingga memberikan pemerataan kesejahteraan daerah.

Baca Juga:
Arus Kendaraan Lintasi Jalan Tol Sibanceh Meningkat Jelang Lebaran

Sebagai informasi, Jalan Tol Baleno merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi yang memiliki total panjang mencapai 169,9 km.

Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi dibangun dengan 2 skema pembiayaan konstruksi, yakni melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sepanjang 136,3 Km dan dukungan konstruksi pemerintah sepanjang 34 Km. (fhm)