Unik, di Eropa Ada Hotel Khusus untuk Ban Mobil

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 05/Nov/2022 14:05 WIB
Dekkmann, hotel untuk ban yang berada di Norwegia(Dok. Dekkmann) Dekkmann, hotel untuk ban yang berada di Norwegia(Dok. Dekkmann)

JAKARTA (BeritaTrans com) - Pada umumnya, hotel merupakan tempat menginap untuk orang. Namun, di Eropa ternyata ada hotel yang diperuntukkan khusus ban.

Diunggah oleh akun TikTok @desydhev, disebutkan bahwa di Norwegia dan beberapa negara Eropa lainnya terdapat hotel untuk ban. Untuk di Norwegia, tempatnya bernama Dekkmann

"Biayanya Rp 1,8 juta sudah termasuk ganti ban, nyuci ban, dan penyimpanan selama 6 bulan," ujar Desy Dhevantari, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Waktunya mengganti ban winter ???? #norwegia #gantiban #winter ? Afrobeat - FASSounds

"Ini solusi banget untuk orang-orang kayak aku yang enggak punya gudang yang besar, yang enggak punya tempat untuk menyimpan ban-bannya," kata Desy.

Desy menambahkan hotel ban ini berguna untuk menyimpan ban yang digunakan saat pergantian musim. Sebab, ban untuk musim dingin dan musim panas memiliki perbedaan spesifikasi.

 

Dekkmann, hotel untuk ban yang berada di Norwegia

 

"Waktu belajar teori untuk ambil SIM di sini diajarin perbedaan mendasar anrara ban musim panas denga ban musim dingin. Salah satunya adalah pada kedalaman raoak bannya," kata Desy.

 

Dekkmann, hotel untuk ban yang berada di Norwegia

 

Desy mengatakan, untuk ban musim panas, kedalamannya minimal 1,6 mm. Sedangkan ban musim dingin, kedalamannya minimal 3 mm.

"Kalau ganti ban di bengkel tanpa menyimpan bannya itu bayar sekitar Rp 240.000 per ban dan Rp 975.000 untuk 4 ban, ini juga tergantung berapa inci peleknya. Ini harga yang pelek 18 inci," ujarnya.   .(ny/Sumber: Kompas.com)