Disnav Palembang Gelar Padat Karya di Sumsel dan Babel Selama 10 Hari

  • Oleh : Naomy

Selasa, 08/Nov/2022 19:45 WIB
Padat Karya di Disnav Pontianak Padat Karya di Disnav Pontianak

PALEMBANG (BeritaTrans.com) -  Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Distrik Navigasi Kelas I Palembang menggelar program Padat Karya selama 10 hari di Sumatera Selatan dan Provinsi Bangka Belitung. 

Baca Juga:
Kepala Disnav Palembang: Ayo Jangan Buang Sampah di Sungai Musi

Padat Karya tersebut menurut Kepala Disnav Palembang Marta Hardisarwono, dipusatkan di tujuh lokasi melibatkan sebanyak 63 orang.

"Upahnya Rp140 - 160 ribu/hari/oranh mulai dari 8 hingga 17 November 2022," jelas Marta di Palembang, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga:
300 Orang Terlibat Bersih Laut dan Pantai Gelaran Disnav Palembang

Maksud dan tujuan padat karya ini adalah untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat, terutama yang mengalami kehilangan penghasilan atau pekerjaan tetap akibat pandemi Covid-19.

Dengan begitu diharapkan dapat menjadi salah satu langkah pemulihan ekonomi masyarakat dan mengurangi pengangguran.

Baca Juga:
Meriahkan Harhubnas 2022, Disnav Palembang Gelar Bersih Laut dan Pantai

"Melalui kegiatan padat karya ini, juga diharapkan dapat mewujudkan peningkatan akses masyarakat lapis bawah kepada pelayanan dasar, serta penciptaan lapangan kerja, sehingga manfaat dari kegiatan ini dapat dirasakan secara langsung bagi masyarakat terutama warga sekitar.

Selain itu, padat karya ini juga dilaksanakan sebagai langkah strategis dalam pengamanan aset Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) pada lokasi menara suar dan rambu suar di alur pelayaran.

Marta mengungkapkan, pelaksanaan padat karya di Sumsel yakni di enam titik lokasi yaitu dermaga Kantor Disnav Kelas I Palembang dengan pekerjaan pembersihan halaman dermaga dan pengecatan pagar Kantor Disnav Palembang Di SROP Palembang (Kenten dan Pendawa).

"Selanjutnya padat karya di Rambu Suar alur pelayaran Sungai Musi yaitu Ramsu Selat Banjar, Ramsu Pulau Burung, Ramsu Sudimara, dengan pekerjaan pembersihan lahan dan pengecatan rambu suar," ungkapnya.

Sementara itu, di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ada satu titik lokasi yaitu di Menara Suar Tanjung Kalian dengan pekerjaan pemeliharaan bangunan pagar menara suar tersebut.

"Semoga padat karya ini bermanfaat bagi masyarakat banyak," tutupnya.

Sebagai informasi, Padat Karya ini merupakan tahap kedua. Sebelumnya, Kantor Disnav Kelas I Palembang dilaksanakan pada 18 Maret 2022 s.d 26 Maret 2022 di 17 titik pada tiga Provinsi sesuai wilayah kerja Disnav Kelas I Palembang. (omy)