Model Solution, Anak Perusahaan Hankook & Company Group, Resmi IPO di KOSDAQ

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 09/Nov/2022 14:42 WIB
foto:istimewa/hankook foto:istimewa/hankook

SEOUL,KORSEL (BeritaTrans.com) – Model Solution, anak perusahaan Hankook & Company Group (sebelumnya Hankook Tire Group), menjadi perusahaan prototipe Korea pertama yang terdaftar di KOSDAQ, dewan perdagangan Bursa Korea di Korea Selatan. Melalui IPO, Model Solution berencana untuk mempercepat pengembangan mesin pertumbuhan di masa depan.

Baca Juga:
Dongkrak Pasar Produk Lokal, BNI Sediakan Vending Machine UMKM Binaan di Bandara Soetta

Didirikan pada tahun 1993, Model Solution adalah penyedia solusi yang melayani seluruh tahap pengembangan produk mulai dari desain hingga prototipe, permesinan Computer Numerical Control (CNC) presisi, perkakas & pencetakan, dan pembuatan kontrak untuk berbagai sektor, termasuk elektronik, peralatan medis, barang konsumen, robotika, dan otomotif.

Perusahaan telah resmi mengambil langkah pertama untuk go public di KOSDAQ dimulai dari lulus pemeriksaan awal dari persyaratan pendaftaran pada bulan Juli, diikuti dengan mengajukan surat permohonan pendaftaran dan memperkirakan permintaan dari investor; baik umum maupun institusional

Baca Juga:
Belum Setahun Hadir, Pengguna Aplikasi GoPay Tembus 700.000, Nabung Bisa Mulai dari Rp1!

Secara spesifik, perkiraan permintaan yang dilakukan pada tanggal 19 dan 20 September mencatatkan tingkat persaingan yang tinggi, yaitu 1.725,78 banding 1, yang membuktikan popularitas perusahaan. Persaingan di antara investor non-institusional juga memanas pada tanggal 26 dan 27 September. IPO mengalami kelebihan permintaan sebanyak 1.514,8 kali, dan deposito pembelian mencapai KRW 5,1124 triliun. Alhasil, dari isu tersebut mendapat predikat saham blue-chip. Harga penawaran akhir ditetapkan pada KRW 27.000, batas tertinggi dari kisaran harga yang diterbitkan, untuk menjaga kondisi yang sesuai dengan pasar. Sekitar KRW 27 miliar berhasil dikumpulkan secara total.

Model Solution menyediakan solusi bisnis terpadu untuk membantu pelanggan mewujudkan berbagai ide dengan menerapkan teknologi berkualitas tinggi. Dengan menyediakan desain warna, bahan, dan hasil akhir (CMF) yang unik dan mengikuti proses produksi yang cepat, perusahaan ini telah melayani lebih dari 500 pelanggan global termasuk Google, Amazon, Tesla, Samsung, dan Hyundai Motors.

Baca Juga:
Beri Pengalaman Berbeda, BNI Resmikan Kantor Cabang UI Depok

Sejak diakuisisi oleh Hankook & Company pada tahun 2018, Model Solution telah menunjukkan pertumbuhan penjualan yang berkelanjutan dengan mencatat margin laba operasi rata-rata 14% hingga tahun lalu. Angka penjualan untuk tahun sebelumnya dilaporkan sebesar KRW 61,1 miliar dan laba operasi KRW 8,9 miliar, yang masing-masing tumbuh 9,8% dan 32,1% dari tahun 2020. Penjualan untuk paruh pertama tahun ini mencatat KRW 32,2 miliar.

Melalui IPO, Model Solution berencana untuk mengamankan mesin pertumbuhan di masa depan untuk menciptakan lompatan besar dalam memimpin industri sebagai perusahaan manufaktur yang inovatif. Perusahaan berencana untuk mengembangkan merek perangkat kerasnya sendiri lebih dulu. Sebagai bagian dari itu, prototipe Augmented Reality (AR) Head Mounted Display (HMD) yang dikembangkan pada tahun sebelumnya akan menjalani uji coba untuk diproduksi secara massal dan dikomersialisasikan pada tahun 2023.

Selain itu, Hankook & Company, perusahaan induknya, akan memberikan dukungan lebih lanjut dengan melakukan investasi tambahan melalui program akseleratornya apabila Model Solution berhasil menemukan perusahaan yang inovatif untuk berkolaborasi.

Sementara itu, untuk membangun momentum, Model Solution telah mendirikan pusat operasi terintegrasi yang baru di Kompleks Industri Ojeong di Bucheon, Korea. Hal ini akan membantu meningkatkan jangkauan bisnis perusahaan sebagai penyedia solusi secara keseluruhan, dan menanggapi permintaan pembuatan kontrak dari para konsumen global. 

Model Solution juga telah menciptakan divisi bisnis baru, Divisi Bisnis Manufaktur Kontrak, untuk mengawasi manufaktur kontrak untuk produksi bervolume rendah hingga menengah dari produk jadi. Divisi ini mulai beroperasi sejak bulan Maret di pusat operasi terintegrasi Bucheon yang baru. Sejak bulan Juli, Divisi Tooling & Moulding juga telah dipindahkan ke pusat Bucheon yang baru untuk mulai beroperasi. Pada kuartal pertama tahun 2023, perusahaan berencana untuk menyelesaikan pemindahan Divisi Precision CNC Machining. Pemindahan yang dilakukan secara berurutan ini diharapkan dapat menciptakan sinergi dengan semua divisi bisnis.

Melalui ekspansi ini, Model Solution kini akan mengoperasikan total tiga lokasi bisnis dan satu pusat penjualan global. Hal ini mencakup dua fasilitas operasi yang sudah ada untuk memproduksi prototipe di Doksan-dong, Seoul, dan pusat operasi terintegrasi di Bucheon untuk perkakas & pencetakan serta manufaktur kontrak, dan pusat penjualan di Amerika Utara yang berlokasi di Silicon Valley, A.S. Selain itu, perusahaan berencana mendirikan pusat penjualan baru di bagian Timur A.S. dan Jerman untuk meningkatkan eksistensinya di pasar global.

"Agar tetap menjadi yang terdepan dalam tren industri, kami akan terus memperluas portofolio bisnis dengan menggunakan model bisnis baru, dan mengadopsi teknologi terbaru seperti Augmented Reality pada produk.  Kami juga sedang mempersiapkan diri untuk menjangkau konsumen di berbagai bidang yang baru, seperti perangkat medis, robotika, dan kedirgantaraan," kata Byungil Woo, CEO Model Solution.(ahmad)

Tags :