Bakal Luluskan Kendaraan EURO 6, Lokasi Pembangunan VTCC di Kabupaten Bekasi Ditinjau Menhub Budi

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 12/Nov/2022 10:59 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

BEKASI (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau lokasi pembangunan Proving Ground Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) atau Vehicle Testing Certification Center (VTCC) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu (12/11/2022).

"Ini adalah suatu bentuk kegiatan yang sudah ada di bawah Kementerian Perhubungan, untuk melakukan tes akan kendaraan-kendaraan yang akan dipasarkan di Indonesia," kata Menhub Budi, di lokasi yang akan dilakukan pembanguan Proving Ground BPLJSKB, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (12/11/2022).

Baca Juga:
Hankook Tire Siapkan Strategi dan Solusi Baru di Tahun 2023

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proving ground ini akan menjadi balai pengujian bertaraf internasional di Indonesia.

"Selama ini Indonesia tidak mampu melakukan suatu sertifikasi yang digunakan untuk negara-negara lain atau mancanegara. Karena kita masih dalam srata sertifikasi EURO 4. Sekarang di dunia sudah menjadi suatu keharusan minimal itu EURO 5. Yang akan kita bangun nanti adalah kita melompat ke EURO 6," kata Menhub. 

Baca Juga:
Perluas Jaringan Pemasaran, Piaggio Buka Dealer di Mojokerto

Dijelaskannya standar EURO 6 akan meningkatkan menjadi lebih baik untuk segala faktor, antaranya dikatakan Budi yaitu mengurangi konsumsi bahan bakar dan menurunkan tingkat polusi.

Dengan adanya Proving Ground BPLJSKB, kendaraan yang diproduksi di Indonesia dapat melakukan tes di dalam negeri sendiri. Ini menjadi kebangkitan dunia otomotif di dalam negeri.

Baca Juga:
Kebiasaan Orang RI: Nabrak Kabur, tapi kalau Dirugikan Berhenti

"Kita tidak perlu lagi mengirimkan kendaraan kita ke luar negeri untuk melakukan testing. Seatu kebangkitan industri otomotif di indonesia," kata Budi.

Dengan berbagai fasilitas dan dukungan teknologi terkini, Proving Ground BPLJSKB Bekasi akan memberi multiplier effect yang besar terhadap pengembangan industri otomotif nasional, bahkan berpotensi membawa Indonesia ke posisi terdepan dalam lingkungan industri otomotif di mancanegara. Grounbraking akan dilakukan pada bulan November ini.(fhm)