2 Pesawat Perang Dunia II Tabrakan Saat Pertunjukan Udara

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 13/Nov/2022 10:52 WIB
Gambar ini diperoleh dari akun twitter @GollyItsMollie, menunjukkan asap mengepul dari kecelakaan setelah dua pesawat bertabrakan di udara selama Wings Over Dallas Airshow di Bandara Eksekutif Dallas, di Dallas, Texas, pada 12 November 2022. (HANDOUT) Gambar ini diperoleh dari akun twitter @GollyItsMollie, menunjukkan asap mengepul dari kecelakaan setelah dua pesawat bertabrakan di udara selama Wings Over Dallas Airshow di Bandara Eksekutif Dallas, di Dallas, Texas, pada 12 November 2022. (HANDOUT)

WASHINGTON DC (BeritaTrans.com) - Dua pesawat era Perang Dunia II bertabrakan pada Sabtu (12/11/2022) sore waktu setempat, di sebuah pertunjukan udara di Dallas, Amerika Serikat (AS).

Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA), melaporkan belum jelas berapa banyak orang yang berada di dalam dua pesawat itu.

Belum ada laporan juga apakah ada yang selamat dari kecalakaan dalam acara Wings Over Dallas Airshow di Bandara Eksekutif Dallas tersebut.

Dilansir dari Kantor berita AFP, dua pesawat yang terlibat dalam tabrakan, yakni Boeing B-17 Flying Fortress dan Bell P-63 Kingcobra yang berukuran lebih kecil.

belum ada informasi pasti tentang apakah ada yang selamat dari kecelakaan 

Tetapi, beberapa video yang diposting di media sosial menunjukkan adanya adegan dramatis dari pesawat yang lebih kecil turun di atas B-17 yang terbang lebih rendah karena keduanya tampak membelok ke kiri.

Setelah tabrakan, pesawat tampak pecah menjadi beberapa bagian besar sebelum menabrak daratan dan meledak menjadi bola api dan kepulan asap hitam yang besar.

FAA mengatakan agennya dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS akan menyelidiki insiden tersebut.

B-17 adalah pesawat pengebom bermesin empat yang berperan besar dalam memenangkan perang udara melawan Jerman dalam Perang Dunia II.

Dengan reputasi pekerja keras, pesawat tersebut menjadi salah satu pesawat pengebom yang paling banyak diproduksi.

Sementara, P-63 Kingcobra adalah pesawat tempur yang dikembangkan selama perang yang sama oleh Bell Aircraft tetapi hanya digunakan dalam pertempuran oleh Angkatan Udara Soviet.

Salah satu kecelakaan besar terakhir dari B-17 adalah pada 2 Oktober 2019, ketika tujuh orang tewas dalam kecelakaan di bandara di Windsor Locks, Connecticut.(fhm/sumber:kompas)