Mengintip Spesifikasi `Benteng Berjalan` Rp 23 Miliar yang Jemput Joe Biden di Bali

  • Oleh : Redaksi

Senin, 14/Nov/2022 16:48 WIB
The Beast` jemput Joe Biden di Bali. Foto: Youtube Sekretariat Negara The Beast` jemput Joe Biden di Bali. Foto: Youtube Sekretariat Negara

Jakarta (BeritaTrans.com) -  Presiden AS Joe Biden memboyong mobil kepresidenannya sendiri dalam menghadiri KTT G20 di Bali. Mobil kepresidenan yang dimaksud adalah 'The Beast'. Bertugas menemani presiden AS bertugas, 'The Beast' tentu bukan mobil biasa.

Mengutip laman Hotcars, kabarnya 'The Beast' merupakan hasil modifikasi dari mobil Cadillac One. Mobil bongsor itu mengusung mesin diesel 6.5 L Duramax yang dipercaya bisa menyemburkan tenaga setara 214 daya kuda. Mesinnya sama seperti yang diusung pada truk GMC dan Chevy.

Soal akselerasi mobil ini boleh dibilang tidak terlalu baik. Mobil bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 15 detik. Ya, 'The Beast' memang bukan mobil berperforma tinggi yang bisa ngacir dalam kecepatan tertentu. Jelas mobil ini menawarkan keamanan nomor wahid untuk melindungi orang nomor satu di AS itu.

Tidak heran kalau mobil menawarkan beberapa perangkat seperti dalam film James Bond. 'The Beast' mengusung ban Kevlar yang memungkinkan tetap bisa berjalan dalam kondisi kempis atau bocor sekalipun. Di dalamnya terdapat pelindung ketika ada serangan gas air mata. Mobil ini diperkirakan memiliki berat antara 14.000 hingga 20.000 pound (6-9 ton). The Beast' juga menggunakan ban berukuran besar yang biasanya terpasang pada truk berukuran medium hingga besar.

Handle pintu 'The Beast' disebut dilengkapi dengan tegangan listrik 120 Volt untuk melindungi dari perusuh yang mencoba masuk. Disebutkan pula mobil bisa mengeluarkan cairan oli sehingga pengendara yang menguntit bisa kehilangan kontrol.

The Beast memiliki sejumlah senjata seperti shotgun, granat, hingga gas air mata. Dalam keadaan darurat, 'The Beast' juga memiliki suplai darah yang sesuai dengan golongan darah sang presiden. Terdapat pula tabung oksigen bila ada serangan mendadak. Ada juga dokter yang selalu ikut dalam rombongan dan masuk dalam 'Control Car'.

Setidaknya itu gambaran spesifikasi di dalam 'The Beast'. Untuk alasan keamanan, spesifikasi lengkap 'The Beast' memang tak bisa diungkap secara gamblang. Dengan deretan keamanan dan fitur yang disajikan, 'The Beast' ditaksir punya harga 1,5 juta dolar atau kalau dirupiahkan dengan kurs (1 dolar = Rp 15.460) saat ini setara Rp 23,1 miliar.
(ny/Sumber:detik.com)