Tim Pembina Samsat Kabupaten Bekasi Giat Sosialisasi Pajak di Kecamatan Cibitung

  • Oleh : Bondan

Selasa, 15/Nov/2022 12:18 WIB
Tim Pembina Samsat Kabupaten Bekasi mengadakan Sosialisasi Tata Tertib Administrasi Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, manfaat SWDKLLJ dan keselamatan Lalu Lintas bersama dengan Pemerintah Daerah. Foto: istimewa. Tim Pembina Samsat Kabupaten Bekasi mengadakan Sosialisasi Tata Tertib Administrasi Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, manfaat SWDKLLJ dan keselamatan Lalu Lintas bersama dengan Pemerintah Daerah. Foto: istimewa.

BEKASI (BeritaTrans.com) -- Tim Pembina Samsat Kabupaten Bekasi mengadakan Sosialisasi Tata Tertib Administrasi Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, manfaat SWDKLLJ dan keselamatan Lalu Lintas bersama dengan Pemerintah Daerah.

Kegiatan sosialisasi kali ini di adakan di Kantor Camat Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi Propinsi Jawa Barat. Hadir dalan kegiatan ini Pamin Samling Erry Wibowo, Kasi Dapen Cecep  Mulyana  PJ Samsat Kabupaten Bekasi Pahala F Sinaga dan Kepala KPJR Ginajar W Burhan. Hj. Encun selaku Camat Cibitung sangat menghargai dan mengapresiasi kegiatan ini di wilayahnya, dan mengharapkan setelah diadakan kegiatan sosialisai ini dapat memberikan pencerahan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Cibitung.

Baca Juga:
Jasa Raharja Jawa Barat Gerak Cepat Santuni Ahli Waris Kecelakaan di Kecamatan Buah Batu Kota Bandung

Kasi Dapen Cecep Mulyana menyampaikan bahwa pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor merupakan salah satu pendapatan asli daerah yang cukup besar di wilayah Kabupaten Bekasi, dimana dari pajak kendaraan bermotor tersebut nantinya di kembalikan lagi kepada masyarakat dalam pembangunan bidang infrastrukur di wilayah Kabupaten Bekasi.

Sementara itu, Pahala Sinaga selaku PJ Samsat Kabupten Bekasi menyampaikan bahwa Jasa Raharja merupakan perusahaan milik negara yang memiliki tugas pokok yaitu memberikan perlindungan dasar kepada korban kecelakaan lalu lintas jalan dan kecelakaan angkutan umum, dengan menghimpun dan mengelola dana dari masyarakat yaitu Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang (DPWKP) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Dimana DPWKP di kutip dari tiket yang dibayarkan oleh penumpang angkutan umum, penumpang pesawat udara, penumpang kapal laut, penumpang kereta api, dan penumpang angkutan umum lainnya. Sedangkan SWDKLLJ dikutip dari setiap pemilik kendaraan bermotor, yang dibayarkan bersamaan dengan pembayaran pajak kendaraan bermotor tiap tahunnya di Kantor Bersama Samsat. 

Baca Juga:
Upaya Pencegahan dan Keselamatan Berlalu Lintas, Jasa Raharja Perkuat Sinergitas dengan Dishub Kota Sukabumi

"Dana tersebut nantinya akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk santunan kepada masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas jalan maupun kecelakaan penumpang umum," ujar Pahala Sinaga.

Lebih lanjut dia menyampaikan, Setelah mengikuti sosialisasi ini nantinya masyarakat akan semakin paham dan mengerti akan kewajiban dan tanggung jawabnya. Dan menjadi penyambung lidah dari tim Pembina Samsat kepada keluarga dan masyarakat sekitar tempat tinggalnya akan pentingnya membayar pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor.

Baca Juga:
Jasa Raharja Tasikmalaya Berbagi Rezeki dan Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas di Panti Asuhan Azzahra

Dalam kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh Ka Polsek Cikarang Barat, Dan Ramil Cibitung, seluruh Kepala Desa di Kecamatan Cibitung serta Bumdes2 di Kecamnatan Cibitung. (Dan)