Sunmori Motor Listrik, Menhub Budi Karya Kenalkan Kendaraan Hemat Energi

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 20/Nov/2022 10:20 WIB
Kegiatan Electric Vehicle Funday di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (20/11/2022). Kegiatan Electric Vehicle Funday di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (20/11/2022).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS), Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, hingga Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan Electric Vehicle Funday, Ahad (20/11/2022). Konvoi dimulai dari Balai Kota DKI Jakarta menuju Bundaran HI.

Sunday morning ride alias sunmori tersebut juga diikuti oleh para influencer hingga komunitas sepeda motor listrik. Mereka menggunakan motor listrik terbaru dan juga motor listrik hasil konversi dari kendaraan bensin.

Baca Juga:
AISMOLI: Pemerintah Buka Lebih Luas Persayaratan Insentif Motor Listrik

Budi Karya menyatakan motor listrik harus banyak digunakan untuk mempromosikan idealisme meninggalkan bahan bakar fosil. Apalagi Indonesia memiliki target nol emisi.

"EV itu menjadi suatu keharusan," kata Budi Karya usai sunmori di Bundaran HI, Ahad (20/11/2022).

Baca Juga:
Pajang Koleksi Kendaraan Listrik, Museum Transportasi TMII Punya Wajah Baru

Dia juga menambahkan, "Naik motornya keren enak banget, kenceng lagi bisa ngebut, idealismenya kita tinggalkan BBM, bahan bakar fosil ditinggalkan. Ini iritnya banyak banget,"ujarnya.

Menurutnya peralihan ini merupakan juga dorongan dari Presiden Joko Widodo.

Baca Juga:
Kemenhub Gelar Electric Vehicle Funday, Sosialisasikan Keuntungan Kendaraan Listrik

Sedangkan, Memteri ESDM Arifin Tasrif menyatakan target konversi kendaraan listrik sendiri cukup banyak. Saat ini saja jumlah motor dengan bahan bakar fosil ada 120 juta unit dan mobil ada 20 juta unit dengan pertumbuhan 4-5% per tahun.

"Motor BBM itu ada 120 juta unit kecenderungan akan naik terus 4-5% per tahun. Mobil 20 juta unit lebih dan naik terus," sebut Arifin Tasrif.

Yang jelas menurutnya konversi kendaraan listrik dapat membuat kegiatan ekonomi bergerak. Pasalnya bengkel hingga manufaktur akan terdampak.

"Saya yakin kalau konversi jalan kegiatan ekonomi dari bengkel hingga manufaktur akan gerak semua," ungkap Arifin.

Diketahui, kegiatan CFD diisi juga dengan kampanye untuk beralih ke sepeda motor listrik. Electric Vehicle "Funday" diisi oleh sejumlah aktris, influenser seperti Andre Taulani, sejumlah Youtuber serta pecinta roda dua atau otomotif.(fhm)