BPTD Malut Dukung Kesuksesan Sail Tidore

  • Oleh : Naomy

Rabu, 23/Nov/2022 13:46 WIB
Kepala BPTD XXIV Malut Kepala BPTD XXIV Malut

TERNATE (BeritaTrans.com)  - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) XXIV Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan wilayah Maluku Utara dukung kesuksesan Sail Tidore yang akan dimulai besok (24/11/2022). 

Perhelatan internasional Sail Tidore 2022 menurut Kepala BPTD Lilik Handoyo mengemukakan, berbagai persiapan dukungan telah dilakukan. 

Baca Juga:
Ditjen Hubdat Atur Cara Muat Kendaraan Listrik di Kapal Penyeberangan

"Kami mendukung kendaraan Hiace sebanyak 30 armasa berkapasitas 15, yang siap digunakan untuk mobilitas di Tidore selama Sail," tutur Lilik belum lama ini.

Pihaknya juga menyiapkan sejumlah dukungan kelengkapan rambu, marka jalan putih dan kuning, Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) Solar cell, Guadrail tipe 2, dan LPPJ.

Baca Juga:
Ditjen Hubdat Gelar FGD Penanganan Angkutan Kendaraan Listrik via Penyeberangan

Adapun yang dipasang yakni rambu sebanyak 152, 10.305 Marka Kuning, 39.228 Marka Putih 14788 Solar Cell, dan Guadrail tipe 2 sebanyak 88 unit.

Tak hanya untuk urusan transportasi jalan, frekuensi layanan angkutan penyeberangan pun kata dia dilakukan penambahan selama Sail Tidore. 

Baca Juga:
Tingkatkan Keselamatan Angkutan Penyeberangan, Ditjen Hubdat Gelar Bimtek Kesyahbandaran

"Hal ini guna mendukung dan mempermudah masyarakat yang akan mencapai Sail Tidore di Kepulauan Tidore," ungkapnya.

Untuk trayek Bastiong-Rum misalnya, bila pada waktu reguler ini melayani empat kali trip dan Rum-Bastion juga empat kali, maka selama Sail Tidore menjadi masing-masing delapan kali dalam sehari dari pukul 07.00 hingga 21.00 WIT.

Pelabuhan Penyeberangan Bastiong merupakan gerbang bagi yang akan datang ke Tidore melalui Rum. Pelayarannya hanya sekitar 15 menit saja menggunakan kapal RoRo.

Sedangkan dari Pelabuhan Penyeberangan Sofifi ke Dowora (lebih dekat menuju lokasi Sail Tidore) selama pelaksanaan acara tetap melayani satu trip yakni pukul 07.00 WIT dan kembali Dowora-Sofifi pada pukul 14.00 waktu setempat. (omy)