Angkasa Pura II Bersama BUMN Lainnya Bantu Penanggulangan Bencana Gempa Cianjur, Dirikan Posko dan Evakuasi Korban

  • Oleh : Naomy

Rabu, 23/Nov/2022 21:54 WIB
Tim respon cepat AP II di Cianjur Tim respon cepat AP II di Cianjur

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura II memberangkatkan Tim Satgas Tanggap Bencana Gempa Cianjur untuk membantu penanggulangan bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat yang terjadi Senin (21/11/2022). 

Tim Satgas Tanggap Bencana Gempa Cianjur terdiri dari 16 karyawan AP II yang antara lain bertugas di unit Airport Rescue and Fire Fighting Service (ARFF) dan Aviation Security, serta satu dokter. 

Baca Juga:
IDSF Beri 3 Rekomendasi Akselerasi Pengembangan Ekonomi Digital

“AP II menyampaikan duka cita mendalam atas musibah gempa di Cianjur. Semoga warga diberi kekuatan dan kesabaran. Tim Satgas Tanggap Bencana Gempa Cianjur yang diberangkatkan AP II dari Bandara Soekarno-Hatta sejak kemarin telah berada di lokasi bencana, bergabung dengan Satgas Bencana BUMN Cianjur yang dibentuk atas arahan Menteri BUMN untuk bersama-sama membantu penanggulangan bencana,” ujar Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Jakarta, Rabu (23/11/2022). 

Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya menyampaikan bahwa Satgas Bencana BUMN terus berkoordinasi secara intensif dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan pemerintah daerah.

Baca Juga:
Angkasa Pura II Kolaborasi Bareng 11 BUMN, Konservasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat di Raja Ampat

Menteri BUMN juga telah meminta Satgas Bencana BUMN dan Yayasan BUMN untuk Indonesia melakukan pemetaan terkait kebutuhan mendasar masyarakat terdampak.

AP II sebagai koordinator Satgas Bencana BUMN wilayah Banten dituturkan Awaluddin, juga sudah berkoordinasi dengan setiap BUMN yang ada di Banten untuk penyaluran bantuan bagi warga di Cianjur. 

Baca Juga:
Dongkrak Pasar Produk Lokal, BNI Sediakan Vending Machine UMKM Binaan di Bandara Soetta

“AP II bersama BUMN lainnya bersama-sama berupaya merespons cepat musibah di Cianjur. Hal pertama yang harus dipastikan adalah bantuan bagi warga terdampak, baik kebutuhan pokok, kesehatan dan lainnya,” ujarnya.

VP of Corporate Communications AP II Cin Asmoro memaparkan, saat ini tim Satgas Tanggap Bencana Gempa Cianjur dari AP II sudah mendirikan posko di lokasi gempa tepatnya di Lapangan Ciarma, Kampung Barukaso, Desa Suka Mulya, Kecamatan Cugenang, Cianjur. 

“Telah dibangun 11 Posko Satgas Bencana BUMN Cianjur, dan tim AP II berada di posko nomor 10 yang terletak di Lapangan Ciarma,” jelas Cin. 

Dia bilang, posko yang dibangun AP II ini sekaligus membuka jalur untuk masuknya bantuan-bantuan yang datang dari berbagai pihak. 

“Berdasarkan informasi yang diterima dari rekan-rekan relawan AP II, sebelumnya daerah tersebut tidak tersentuh bantuan, dan sejak posko didirikan, bantuan dari Satgas BUMN lainnya mulai datang untuk membantu warga setempat,” katanya.

AP II sendiri telah menyalurkan bantuan berupa sembako, tenda dan obat-obatan. 

Cin mengatakan, AP II akan menyalurkan bantuan untuk tahap berikutnya, dengan melihat kebutuhan sesuai hasil pemetaan di lapangan. 

"Di samping menyalurkan bantuan, tim AP II juga melakukan evakuasi korban musibah gempa Cianjur,' pungkasnya. (omy)