Bertemu Menhan Korsel Lee Jong-Sup, Prabowo Subianto Ingin Lebih Banyak Kerja Sama Industri Pertahanan

  • Oleh : Dirham

Kamis, 24/Nov/2022 13:19 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Korea Selatan (Korsel) HE. Mr. Lee, Jong-Sup di Siem Reap, Kamboja. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Korea Selatan (Korsel) HE. Mr. Lee, Jong-Sup di Siem Reap, Kamboja.

KAMBOJA (BeritaTrans.com) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Korea Selatan (Korsel) HE. Mr. Lee, Jong-Sup di Siem Reap, Kamboja, Selasa (22/11/2022). 

Pertemuan mereka berlangsung di sela-sela pelaksanaan forum menteri pertahanan (Menhan) se-ASEAN atau Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Plus 2022. 

Dalam pertemuan ini, keduanya membahas kemajuan kerja sama pertahanan kedua negara dalam kerangka kerja sama ASEAN. 

Prabowo menjelaskan, Indonesia akan selalu mendukung Korsel untuk dapat bekerja sama dengan seluruh negara ASEAN, dan berharap hubungan kerja sama maupun persahabatan antara Indonesia dengan Korsel dapat terus terjaga dalam semangat persaudaraan serta prinsip saling menghargai. 

“Kerja sama yang komprehensif dengan negara-negara ASEAN akan memberikan banyak keuntungan secara regional, dan dapat mengembangkan ASEAN ke posisi yang lebih baik, yang ke depannya akan memberikan kontribusi positif bagi Korea maupun ASEAN,” kata Prabowo

Prabowo juga menekankan bahwa Indonesia ingin terus melakukan kerja sama industri pertahanan dengan prinsip memberikan manfaat dan kontribusi bagi kedua belah pihak, baik pengembangan kapal selam maupun pesawat tempur yang diharapkan menjadi langkah besar dalam pengembangan industri pertahanan di Indonesia. 

“Ke depannya, Indonesia dan Korsel diharapkan dapat lebih banyak menjalin kerja sama di bidang industri pertahanan dan dalam lingkup yang lebih luas,” katanya. 

Dalam hal kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Korsel di bidang industri pertahanan, Indonesia telah menggunakan beberapa produk industri pertahanan Korea Selatan seperti Tarantula Panser, artileri derek 105 mm dan 155 mm yang memperkuat TNI Angkatan Darat, Kapal Selam Tipe U209 buatan kerja sama dengan DSME yang memperkuat TNI AL, serta pesawat KT-1B dan T-50 yang memperkuat TNI AU. 

Korea Selatan pun telah membeli 8 pesawat CN-235 versi militer dari Indonesia. (ds/sumber Sindonews.com)