Bantu Lawan Rusia, Inggris Kirim Helikopter Sea King ke Ukraina

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 24/Nov/2022 16:44 WIB
Dalam foto yang disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, kiri, dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengamati penghancuran kendaraan militer Rusia yang dipasang di pusat kota Kyiv, Ukraina, Sabtu, 19 November 2022. (Kantor Pers Presiden Ukraina melalui AP)(UKRAINE PRESIDENTIAL PRESS OFFICE via AP PHOTO) Dalam foto yang disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, kiri, dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengamati penghancuran kendaraan militer Rusia yang dipasang di pusat kota Kyiv, Ukraina, Sabtu, 19 November 2022. (Kantor Pers Presiden Ukraina melalui AP)(UKRAINE PRESIDENTIAL PRESS OFFICE via AP PHOTO)

LONDON (BeritaTrans.com) - Menteri Pertahanan Ben Wallace mengumumkan bahwa Inggris mengirim helikopter ke Ukraina untuk pertama kalinya, dalam upaya peningkatan dukungan untuk perlawanan Kyiv terhadap Vladimir Putin.

Tiga helikopter Sea King akan disediakan, dengan pengiriman pertama sudah ada di Ukraina menurut PA Media.

Baca Juga:
Pesawat Perang Rusia Tenggelamkan 4 Kapal Militer Ukraina Buatan AS

Armada itu adalah pesawat berawak pertama yang dikirim oleh Inggris sejak invasi Rusia dimulai pada Februari.

Wallace juga mengatakan 10.000 peluru artileri tambahan dikirim untuk membantu Ukraina mengamankan wilayah yang telah direbutnya kembali dari pasukan penyerang dalam beberapa pekan terakhir.

Baca Juga:
Ukraina Tembak Jatuh 4 Helikopter Rusia Cuma dalam 18 Menit

“Dukungan kami untuk Ukraina tidak tergoyahkan. Peluru artileri tambahan ini akan membantu Ukraina mengamankan tanah yang telah direbutnya dari Rusia dalam beberapa pekan terakhir,” katanya saat berkunjung ke Norwegia sebagaimana dilansir Guardian pada Rabu (23/11/2022).

Dukungan baru datang setelah Rishi Sunak mengumumkan tambahan 50 juta poundsterling bantuan pertahanan saat ia mengunjungi Kyiv selama akhir pekan lalu.

Royal Navy memberikan pelatihan enam minggu tentang Sea Kings di Inggris untuk angkatan bersenjata dan insinyur Ukraina, kata Kementerian Pertahanan Inggris.

Dukungan baru tersebut menyusul komitmen untuk menyediakan 1.000 rudal permukaan-ke-udara dan 125 senjata anti-pesawat.

Wallace berada di Norwegia untuk bertemu dengan menteri pertahanan sekutu di kapal induk HMS Queen Elizabeth.

Berita itu muncul ketika Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Rusia mungkin hampir kehabisan stok kendaraan udara tanpa awak buatan Iran, setelah meluncurkan beberapa serangan terhadap Ukraina sejak September.

Dalam pembaruan intelijen hariannya yang diunggah di Twitter, Kementerian Pertahanan mengatakan Moskwa kemungkinan akan berusaha untuk segera memasok.

Serangan Rusia pada Rabu (23/11/2022) menewaskan bayi yang baru lahir di bangsal bersalin Ukraina, serta dua orang lainnya di tempat lain.

Layanan darurat Ukraina mengatakan roket Rusia telah menabrak sebuah bangunan semalam di Vilniansk, bagian dari wilayah selatan Zaporizhzhia.

Mereka membagikan video personel darurat, yang mencoba membebaskan seorang pria yang terjebak setinggi pinggang di reruntuhan bangsal bersalin yang tampaknya hancur.

“Akibat serangan roket di wilayah rumah sakit setempat, gedung bangsal bersalin dua lantai hancur,” kata mereka sebagaimana dilansir Guardian.

Ada "seorang wanita dengan bayi yang baru lahir serta seorang dokter" di dalam gedung pada saat itu, tambah mereka.

Bayi itu meninggal saat wanita dan dokter diselamatkan dari puing-puing, kata tim penyelamat.

Menurut informasi awal, tidak ada orang lain yang terjebak di bawah reruntuhan. (Fhm/sumber:guardian)