Menhub Cek Progres Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo-Semarang

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 26/Nov/2022 19:04 WIB
Plt. Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal menjelaskan progres pembangunan jalur ganda Solo-Semarang fase I Plt. Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal menjelaskan progres pembangunan jalur ganda Solo-Semarang fase I


SOLO (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau proyek pembangunan rel ganda (double track) KA Solo - Semarang fase 1 segmen Solo Balapan - Kalioso sepanjang 10 kilometer spoor (Km'sp) di Solo, Sabtu (26/11/2022).

Peninjauan dilakukan untuk mengecek progres dan memastikan pembangunan berjalan lancar.
 
Dari 10 Km’sp, sepanjang 1,8 Km’sp dibangun rel kereta api layang (elevated), di atas tujuh simpang perlintasan sebidang di Simpang Joglo, Solo yang terkenal dengan kemacetannya. Dengan dibangunnya rel layang ini diharapkan dapat mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi
 
“Simpang Joglo adalah urat nadi pergerakan dari Jakarta melalui Solo ke Surabaya,” kata Menhub di Lokasi Proyek Pembangunan Jalur Ganda Ka Solo Balapan – Kadipiro – Kalioso di Viaduk Gilingan, Solo.

Baca Juga:
Kemenhub Jelaskan soal Rembesan di Dinding Stasiun Manggarai

Per Agustus 2022, pembangunan rel ganda kereta api Solo Balapan – Kadipiro – Kalioso telah memasuki tahap dua, yakni pengerjaan substructure jembatan dengan rangka baja (pondasi dan tiang penyangga jembatan utama sepanjang 270 meter). 

Pengerjaan akan memakan waktu enam bulan mulai Agustus 2022 hingga Februari 2023. Adapun progres pekerjaan tahap dua per 25 November 2022 mencapai 38,52%.
 
Selanjutnya, pada tahap tiga akan dilakukan pembangunan berupa erection bentang rangka baja direncanakan mulai dikerjakan pada bulan Februari hingga Juli 2023 dan dilanjutkan dengan erection bentang utama pada Agustus hingga Oktober 2023.
 
Selain itu juga dilakukan pembangunan Viaduk Gilingan di Jl. Ahmad Yani, Solo yang dilakukan Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang menyebabkan akan dilakukannya penutupan sementara. 

Baca Juga:
Tinjau Sarana dan Prasarana Kereta Panoramic, Jasa Raharja Jawa Barat Sambut Kunjungan Kerja Menteri Perhubungan Bersama Direktur Utama Jasa Raharja

"Pekerjaan ini akan meningkatkan batas ketinggian maksimal kendaraan yang melintas dari yang semula hanya 3,7 meter menjadi 4,2 meter," kata Menhub.
 
Dengan ketinggian itu Viaduk Gilingan, Solo dapat dilalui bus besar dan akan memperlancar lalu lintas dari dan menuju ke Sheikh Zayed Grand Mosque yaitu replika Masjid megah yang ada di Uni Emirat Arab (UEA) yang dibangun di kota Solo.
 
“Kita harapkan pembangunan viaduk ini dapat diselesaikan pada Maret 2023 mendatang. Ini akan melancarkan masyarakat yang akan menuju ke Masjid maupun sebaliknya. Ini juga akan menjadi salah satu wisata religi yang menjadi daya tarik baru di kota Solo,” ucap Menhub.
 
Dengan adanya pekerjaan ini, Kemenhub bersama Pemerintah Kota Solo telah menyiapkan rekayasa lalu lintas mengantisipasi dampak kemacetan dari adanya pembangunan rel KA layang (elevated) Solo – Semarang di Simpang Joglo, Solo.
 
Secara keseluruhan, pembangunan jalur ganda kereta api Solo Balapan - Kalioso ditargetkan selesai pada april 2024. 

Turut hadir dalam peninjauan tersebut Plt Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Kepala BTP Jawa Bagian Tengah Putu Sumarjaya, dan sejumlah pejabat terkait. (omy)

Baca Juga:
Kereta Cepat JKT-BDG Ditargetkan Operasi Juli 2023, Menhub: Akan Kurangi Kerugian Akibat Kemacetan