Kepala BPSDMP Dorong Para Pelaut Lulusan Poltekpel Surabaya Kawal dan Optimalkan Potensi Maritim

  • Oleh : Naomy

Kamis, 01/Des/2022 17:06 WIB
Kepala BPSDMP Djoko Sasono saat melantik lulusan Poltekpel Surabaya Kepala BPSDMP Djoko Sasono saat melantik lulusan Poltekpel Surabaya

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui 

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya mewisuda 431 orang Pelaut Ahli Nautika dan Teknika tingkat I, II, III, IV, V serta Diklat ETO di Surabaya, Rabu (1/12/2022).

Baca Juga:
Bahas Optimalisasi Pemanfaatan Aset dan Kampus Berstandar Global, BPSDMP Gelar Rakornis

Kepala BPSDMP Djoko Sasono saat memimpin upacara menyampaikan, dampak kondisi global yang penuh ketidakpastian akibat pandemi Covid-19 dan kemajuan teknologi informasi bidang pelayaran yang semakin pesat.

Hal itu mengakibatkan pengguna jasa pelayaran mengharapkan pelayanan jasa yang semakin berkualitas antara lain menyangkut aspek keselamatan, keamanan, ketepatan waktu dan kenyamanan.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Workshop Peningkatan Kemampuan Digital Marketing

"Untuk itu, Poltekpel Surabaya sebagai salah satu perguruan tinggi di lingkungan BPSDM Perhubungan, harus secara terus menerus mengupayakan diri untuk meningkatkan kapasitas maupun kualitas sistem pendidikan dan pelatihan guna menghasilkan lulusan yang andal dan kompetitif tidak saja di lingkup pasar nasional, melainkan juga di lingkup internasional," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, poros maritim dunia yang dicanangkan Presiden Joko Widodo bertujuan menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang besar, kuat, dan makmur melalui pengembalian identitas Indonesia sebagai bangsa maritim, pengawal kepentingan dan keamanan maritim, serta memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan pemerataan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan Indonesia.

Baca Juga:
Siapkan Pengemudi Angkutan Umum Andal, BPSDM Kemenhub Kerja Sama dengan Dishub DKI Jakarta

"Sektor transportasi laut yang saat ini telah berkembang pesat dan memiliki pelayanan di seluruh wilayah Indonesia merupakan bagian besar dalam mewujudkan tujuan pemerintah yaitu fokus untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur demi menciptakan pemerataan ekonomi," tambahnya.

Djoko berpesan kepada perwira yang dilantik untuk tidak berpuas diri dan dapat terus berkarya, berprestasi, dan berinovasi untuk mewujudkan SDM transportasi yang memiliki nilai-nilai Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global, dan Integritas).

"Tingkatkan kemampuan saudara jangan pernah berhenti belajar, meskipun anda sudah berada pada posisi puncak pencapaian kompetensi di bidang kepelautan, untuk itu saya minta agar saudara menjaga profesionalisme, integritas, disiplin yang tinggi serta bekerja keras dengan cara cerdas untuk dapat memenangkan persaingan yang semakin ketat," imbuhnya. 

Dia minta agar teruslah belajar dan mengembangkan diri, mengembangkan ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan di dunia profesi.

Dia mengucapkan selamat kepada pada perwira yang dilantik pada hari ini dan merasa bangga atas capaian yang telah diperoleh.

“Saya juga mengapresiasi atas pilihan saudara untuk mengabdikan diri pada penyelenggaraan transportasi laut. Semoga sukses dan kiranya dapat menjadi pendorong dan pemicu semangat baru saudara untuk senantiasa mengembangkan diri, meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan, serta memupuk sikap profesional guna menghadapi tantangan tugas ke depan," tuturnya.

Direktur Poltekpel Surabaya Heru Widada melaporkan, jumlah Perwira pelayaran yang dilantik terdiri dari bidang Keahlian Nautika tingkat I sebanyak 97 orang, bidang keahlian Teknika tingkat I sebanyak 52 orang.

Selanjutnya bidang keahlian Nautika tingkat II sebanyak 68 orang, bidang keahlian Teknika tingkat II sebanyak 66 orang, bidang keahlian Nautika tingkat III sebanyak 27 orang, bidang keahlian Teknika tingkat III sebanyak 28 orang, bidang keahlian Nautika tingkat IV sebanyak 11 orang, bidang keahlian Teknika tingkat IV sebanyak 14 orang. 

Selanjutnya, bidang keahlian Nautika tingkat V sebanyak sembilan orang, bidang keahlian Teknika tingkat V sebanyak tujuh orang, dan diklat penyetaraan perwira Teknik Elektro sebanyak lima orang. 

Pada kesempatan yang sama, juga turut hadir  Ambassador of Panama untuk Indonesia, H.E. Mr Manuel Saturno, yang memberikan Kuliah Umum kepada seluruh pewira transportasi laut yang dilantik dan taruna taruni Poltekpel Surabaya.

Dia sekaligus melalukan visitasi ke fasilitas yang ada di Poltekpel Surabaya serta penjajakan kerja sama di masa yang akan datang. (omy)