Kepala BPSDMP Wisuda 143 Lulusan PIP Semarang

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 02/Des/2022 20:10 WIB
Wisuda lulusan PIP Semarang Wisuda lulusan PIP Semarang


SEMARANG (BeritaTrans.com) - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSMDP) Djoko Sasono pimpin Upacara Bon Voyage Pelepasan Diklat Peningkatan Pelaut tingkat I, II, III, IV dan V Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang.  

Tema Wisudah adalah “Lulusan Peserta Diklat Peningkatan Kepelautan PIP Semarang yang Berakhlak, Beretika dan Berkarakter dan Mewujudkan Prestasi Indonesia di Dunia Maritim".

Baca Juga:
Bahas Optimalisasi Pemanfaatan Aset dan Kampus Berstandar Global, BPSDMP Gelar Rakornis

Djoko menyampaikan, BPSDMP mempunyai core value yaitu Prestasi, yang berasal dari singkatan Profesional, Etika, Standar Global, Integritas. 

“Saudara harus memiliki semangat Prestasi untuk menjadi insan maritim yang professional, berintegritas, beretika serta berwawasan global, hal tersebut guna mewujudkan visi dan misi Presiden Joko Widodo yang bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang besar, kuat, dan makmur," beber Djoko di Semarang, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Workshop Peningkatan Kemampuan Digital Marketing

Dia menyampaikan bahwa saat ini kita telah memasuki era digitalisasi dimana secara fundamental akan mengubah kehidupan kita, pekerjaan kita dan banyak lagi yang akan berubah karena pengaruh revolusi industri kali ini. 

Kemajuan teknologi informasi bidang pelayaran yang semakin masif mengakibatkan pengguna jasa pelayaran mengharapkan pelayanan jasa yang semakin berkualitas antara lain menyangkut aspek keselamatan, keamanan, ketepatan waktu dan kenyamanan.

Baca Juga:
Siapkan Pengemudi Angkutan Umum Andal, BPSDM Kemenhub Kerja Sama dengan Dishub DKI Jakarta

“PIP Semarang sebagai salah satu perguruan tinggi di lingkungan BPSDMP, Kementerian Perhubungan, secara terus menerus senantiasa mengupayakan diri untuk meningkatkan kapasitas maupun kualitas sistem pendidikan dan pelatihan guna menghasilkan lulusan  yang handal dan kompetitif," tambahnya.

Di akhir sambutannya, Djoko menyampaikan ucapan selamat dan bangga kepada para lulusan diklat peningkatan pelaut. 

“Saya atas nama pribadi maupun sebagai Kepala BPSDMP mengucapkan selamat atas  prestasi yang dicapai para lulusan dalam menempuh pendidikan dan pelatihan di PIP Semarang. Saya bangga atas capaian saudara, saya juga mengapresiasi atas pilihan saudara untuk mengabdi menjadi pelayan transportasi laut yang memiliki peran besar dalam mewujudkan Indonesia poros maritim dunia," tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PIP Semarang, Capt. Dian Wahdiana, M.M melaporkan jumlah Perwira pelayaran yang dilantik terdiri dari bidang Keahlian Nautika tingkat I sebanyak 13 orang, bidang keahlian Teknika tingkat I sebanyak 12 orang, bidang keahlian Nautika tingkat II sebanyak 23 orang, bidang keahlian Teknika tingkat II sebanyak 24 orang.

"Selanjutnya bidang keahlian Nautika tingkat III sebanyak 11 orang," katanya.

Bidang keahlian Teknika tingkat III sebanyak sembilan orang, bidang keahlian Nautika tingkat IV sebanyak 20 orang, bidang keahlian Teknika tingkat IV sebanyak 14 orang, bidang keahlian Nautika tingkat V sebanyak sembilan orang, dan bidang keahlian Teknika tingkat V sebanyak tujuh orang. (omy)