Lantik 144 Lulusan BP3IP Jakarta, Kepala BPSDMP: Kuasai Teknologi Pelayaran Terbaru!

  • Oleh : Naomy

Selasa, 06/Des/2022 11:41 WIB
Pelantikan lulusan BP3IP Jakarta Pelantikan lulusan BP3IP Jakarta


JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Balai Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta melantik 144 Pelaut Ahli Nautika dan Teknika Tingkat II, III.dan IV. 

Pelepasan Perwira Transportasi Ke-51 ini diselenggarakan di Lapangan Bintang BP3IP Jakarta, Senin (5/12/2022).

Baca Juga:
BP3 Curug Gelar Diklat Pilot Drone Bagi Aparatur KKP

Kepala BPSDMP Djoko Sasono menyampaikan, pelepasan perwira transportasi laut kali ini mengusung tema "Supporting Development and Capacity Building of Human Resources for Adopting New Technologies, for Grenner Shipping".

Tema ini selaras dengan peringatan Hari Maritim Dunia tahun 2022, yang mendukung transisi sektor maritim menuju masa depan pelayaran yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

"Dengan perkembangan teknologi tersebut, saya menekankan pentingnya lulusan Program Diklat Pelaut BP3IP Jakarta untuk mampu menguasai teknologi terbaru dan memiliki wawasan internasional sehingga mampu berkontribusi dalam mewujudkan pelayaran yang hijau dan berkelanjutan di masa yang akan datang," urainya. 

Menurutnya, dia menyakini bahwa setelah masuk dunia kerja para lulusan dapat menjadi pribadi yang  memiliki kompetensi yang dibutuhkan, mampu melaksanakan tugas diatas kapal dan menyelesaian permasalahan dengan tangguh dan handal sesuai nilai-nilai budaya Bangsa Indonesia yang merupakan bangsa maritim.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Dia juga menambahkan, secara geografis, letak indonesia dikelilingi laut yang dikenal sebagai archypelago membuat aktivitas kemaritiman seperti pelayaran antarlaut antarpulau memainkan peranan penting dalam membangun suatu sistem hubungan dunia yang terjalin antarsatu wilayah dengan wilayah lainnya.

Hal ini yang menjadikan Indonesia memiliki potensi sebagai poros maritim dunia. 

"Kini sudah waktunya mengembalikan kejayaan maritim Indonesia melalui pelaut yang unggul, professional, berintegritas dan mampu bersaing di kancah internasional," ungkapnya.

Berdirinya lembaga pendidikan kepelautan di Indonesia bukan hal yang baru, BP3IP Jakarta sendiri sudah memulai sepak terjang dalam dunia pendidikan kepelautan sejak tahun 1949 dengan nama Her Harlings Cursus dan terus berkembang hingga saat ini guna menghasilkan perwira - perwira kepelautan yang andal. 

"Tunjukkan bahwa pelaut yang dididik di BP3IP Jakarta adalah pelaut yang ulung dan tangguh bukan lahir dari lautan yang tenang, tapi dari lautan dengan ombak yang besar dan badai," tegasnya.

Djoko menekankan kembali bagi para pelaut yang baru dilantik hari ini, yang sudah dilantik dengan kompetensi tinggi, dididik dan dilatih dengan standar internasional maka harus siap dengan bekerja keras.

Indonesia telah luar biasa membangun bangsa ini dan pelaut berperan besar didalamnya. Selama pandemi pertumbuhan perekonomian indonesia tumbuh dengan 6,6% yang artinya ekpor jauh lebih tinggi dari impor dan investasi luar biasa, ekspor impor terkait angkutan barang didisinilah pelaut berperan penting dalam kemajuan perekonomian Indonesia, di mana saat ini Indonesia merupakan bagian dari tujuh raksasa dunia bersama dengan Cina, Amerika, India, Jerman, Jepang, dan Rusia. 

Di tahun 2045  Indonesia diprediksi akan menjadi empat raksasa dunia bersama cina,amerika dan india.

"Untuk mewujudkan Indonesia sebagai salah satu dari empat raksasa dunia bukanlah hal yang mustahil, salah satu faktor penentunya adalah pengembangan kemaritiman Indonesia, di mana pelaut menjadi inti dari semua itu. Terus pertajam kemampuan saudara tingkatkan kompetensi yang telah dimiliki, kuasai teknologi, dan jadikan teknologi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas kerja saudara serta jangan cepat berpuas diri," ujarnya 

Menambahkan hal tersebut, Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Dr. Capt. A Arif Priadi, yang turut hadir pada upacara pelantikan ini iuga berpesan agar BP3IP Jakarta dapat terus meningkatkan kualitas pendidikannya serta berkontribusi dalam mencetak SDM transportasi yang memiliki nilai-nilai Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas.

Dalam kesempatan yang sama Direktur BP3IP.Jakarta, Dr. Ir. Ahmad melaporkan bahwa perwira yang dilantik berjumlah 144 yang merupakan para pelaut lulusan dari Diklat Peningkatan Tingkat II, III, dan  IV.

Sebanyak 33 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat II Nautika, 31 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat II Teknika, 23 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat III Nautika, 19 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat III Teknika.

"Selanjutnya  sebanyak 19 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat IV Nautika dan 19 orang lulusan Diklat Peningkatan Tingkat IV Teknika," ujar Ahnad. (omy)