Mantap, Film Produksi Itjen Kemenhub Masuk 10 Besar ACF Festival Gelaran KPK

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 10/Des/2022 05:31 WIB
Irjen Kemenhub Irjen Kemenhub

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan (Itjen Kemenhub) kembali menoreh prestasi pada Anti Corruption Film Festival (ACFFest) 2022 yang digagas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia.

Baca Juga:
Menhub: Peringatan Hari Anti Korupsi Momentum Tingkatkan Integritas

Produksi film pendek berjudul ”Yanto” berhasil masuk dalam 10 besar finalis ACFFest 2022 mengalahkan 319 peserta yang berpartisipasi dalam kategori Film Pendek Fiksi. 

Film pendek ini merupakan produksi kedua dari Itjen Kemenhub setelah produksi sebelumnya Vlog yang berjudul Korupsi Bukan Budaya Kita juga menorehkan sejarah membanggakan bagi para Insan Kemenhub menjadi yang terbaik untuk kategori Vlog pada ACFFest 2020. 

Baca Juga:
Angkasa Pura I-KPK Kerja Sama Tingkatkan Upaya Pencegahan Korupsi

"Itjen Kemenhub juga merupakan satu-satunya perwakilan Kementerian yang lolos dalam Festival Film ini,"  jelas Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan, M Pramintohadi Sukarno di Jakarta, Jumat (9/12/2022).

Adapun lomba ini diikuti oleh sejumlah pihak yakni: Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Swasta, dan Umum.

“Saya sangat terkesan dan memberikan appresiasi atas inovasi, kreatifitas rekan rekan Itjen, yang telah memproduksi film pendek tentang tingginya integritas. Berhasilnya film pendek ini, masuk dalam 10 besar film pendek terbaik oleh KPK, merupakan kebahagiaan dan kebanggaan bagi kami serta memberikan motivasi untuk terus berkarya, agar terwujud Indonesia maju, bebas korupsi,menjadi bangsa yg maju dan madani,” ungkapnya. 

”Yanto” berkisah tentang auditor yang mengalami pergumulan mengenai realita membutuhkan biaya untuk pengobatan anaknya melawan profesionalitas dari amanah jabatan yang diembannya.

"Film ini merupakan salah satu upaya dari Itjen Kemenhub mengkampanyekan anti korupsi, sehingga dapat menggelorakan semangat anti korupsi dengan cara yang menghibur dan cerita yang kiranya terjadi pada kehidupan sehari-hari," kata dia. 

Film ini mengambil ide dari tantangan keseharian yang khususnya memiliki kemungkinan terjadi di lingkungan Itjen. 

Sebagai bagian yang memiliki tugas melaksanakan pengawasan internal, Itjen diharapkan membangun semangat anti korupsi pada lingkungan Kemenhub, hal ini juga penguatan peran sebagai Strategic Partner dan Trusted Advisor.  

Diharapkan dengan adanya film ini, masyarakat khususnya para abdi negara dapat kembali mengingat amanah yang diemban untuk dapat bekerja secara profesional dan tidak mementingkan kebutuhan pribadi.

Film ini dapat disaksikan di Youtube Itjen Kemenhub https://www.youtube.com/watch?v=CHBRr3glNWA. (omy)