Antisipasi Lonjakan Penumpang Nataru, Direktur Pengelola Pelindo Pantau Kesiapan Pelabuhan Makassar

  • Oleh : Ahmad

Minggu, 11/Des/2022 12:42 WIB
Cek kesiapan Nataru di Pelabuhan Makassar/Foto:istimewa/Pelindo Regional 4 Makassar Cek kesiapan Nataru di Pelabuhan Makassar/Foto:istimewa/Pelindo Regional 4 Makassar

 

Baca Juga:
3 Kapal Penyeberangan di Gorontalo Siap Beroperasi pada Angkutan Lebaran 2024

MAKASSAR (BeritaTrans.com) – Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Putut Sri Muljanto mengunjungi Terminal Penumpang “Anging Mammiri” Pelabuhan Makassar untuk memantau kesiapan Pelindo Regional 4 Makassar dalam menghadapi arus mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).  

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Pengelola Pelindo bersama Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelayaran Indonesia (Pelni), Yossianis Marciano didampingi Division Head Operasi Pelindo Regional 4, Yusida M. Palesang dan General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid, melakukan sidak untuk mengecek kesiapan Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar dalam menghadapi mudik Nataru kali ini. 

Baca Juga:
Penumpang Kapal Pesiar yang Bersandar di Bali Dikenakan Biaya Retribusi Turis Asing

“Sidak kali ini kami memeriksa satu per satu semua fasilitas pendukung yang ada guna memastikan kesiapannya, seperti ruang VIP, ruang menyusui, toilet, dan ruang tunggu pada Terminal 1 dan Terminal 2 di Pelabuhan Makassar,” ujar Putut, Jumat (09/12/2022).

Selain itu, dalam rangka kerja sama peningkatan kualitas layanan kepada penumpang kapal, Pelindo dan Pelni berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan khususnya barang kargo. 

Baca Juga:
Penutupan Angkutan Laut Nataru 2023, Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok: Selama Gelaran, Waspam Berjalan dengan Baik

Adapun barang yang diangkut Kapal Pelni terdiri dari dua jenis, yakni barang resi dan bagasi penumpang. Alur prosedur selama ini masih dipandang kurang efektif, di mana antara barang resi dan bagasi penumpang masih terpisah melalui dua jalur yang berbeda sehingga riskan terjadi barang tercecer atau hilang.

“Oleh sebab itu, dalam kunjungan kali ini, kami yaitu Pelindo dan Pelni juga melakukan koordinasi untuk menyamakan persepsi terkait alur Standar Operasional Prosedur atau SOP untuk pengelolaan barang kargo tersebut,” beber putut. 

General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid menambahkan bahwa ke depannya nanti alur pengelolaan barang akan disamakan yaitu melalui area konsolidasi yang ditetapkan bersama yaitu Gudang 104.

“Walaupun barang resi atau bagasi penumpang, semua akan disamakan melalui area konsolidasi sehingga aman dan nyaman dan pergerakan barang terpantau dengan baik,” tukas Suhadi.

Direktur Pengelola bersama rombongan juga mengunjungi RTS (Ruang Tunggu Sementara) yang dibangun oleh Pelindo untuk memberikan pelayanan tambahan kepada para penumpang yang menunggu kapal tiba atau transit pindah kapal (diatas 24 jam).

Usai melakukan kunjungan lapangan, rombongan kemudian melakukan sharing diskusi di Ruang Rapat Serbaguna Lantai 7 Kantor Pelindo Regional 4 untuk menyamakan persepsi dan persiapan matang dan cepat serta progresif karena dalam waktu dekat arus penumpang Nataru diprediksi akan segera tiba dan melonjak, terlebih kondisi masyarakat yang Post-Pandemic membuat publik kaget dan ingin segera pulang kampung setelah sekian lama terisolasi oleh Protokol Kesehatan 5M Covid-19.(ahmad)