Jelang Akhir Tahun, DJKA Operasikan Jalur KA dan Selesaikan Pembangunan Beberapa Stasiun

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 13/Des/2022 09:36 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pembangunan jalur kereta api (KA) Makassar-Parepare sepanjang 144 KM menjadi salah satu capaian penting Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Tahun 2022. 

Pada proyek pembangunan jalur KA pertama di Sulawesi Selatan, DJKA juga membangun tujuh stasiun baru di sepanjang jalur tersebut yang sudah dilakukan uji coba pengoperasian terbatas sejak Oktober 2022. 

Baca Juga:
Tertabrak Kereta Api Barang di Perlintasan Karangawen Demak, Pemotor Tewas

Plt. Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal dalam kegiatan NGOBRAS: Ngobrol Bareng Komunitas Kereta Api pada Senin (12/12/2022) di Kemenhub, menyampaikan bahwa pembangunan jalur KA Makassar-Parepare merupakan salah satu dari berbagai capaian DJKA di tahun ini. 

“Berkat dukungan masyarakat, tahun ini kami juga telah meresmikan modernisasi Stasiun Jatinegara, Stasiun Cikarang, pengoperasian jalur ganda Bogor-Sukabumi untuk ruas Bogor Paledang-Cicurug, serta pengoperasian Stasiun Matraman sebagai salah satu stasiun baru yang dibangun oleh DJKA,” urai Risal.

Baca Juga:
Longsor di Jalur Rel Kereta Api di Bandung Barat, Perjalanan KA Terganggu

Di samping itu, Risal menyebutkan bahwa Tahun 2022 menjadi tahun yang penting bagi pengembangan Stasiun Manggarai. Pada tahun ini, telah dilakukan dua kali switch over sebagai rangkaian tahapan pembangunan di stasiun yang terletak di Jakarta Selatan ini. 

“Kami memohon maaf jika selama pembangunan berlangsung, terdapat penyesuaian-penyesuaian yang menimbulkan ketidaknyamanan. Kami juga ingin berterima kasih atas kesabaran dan pengertian terhadap proses pembangunan yang berlangsung, insya Allah kenyamanan yang dikorbankan hari ini akan menuai hasil yang baik di kemudian hari ketika nanti pembangunan Stasiun Manggarai sepenuhnya selesai,” sambung Risal.

Baca Juga:
Perlintasan Jalur Kereta Api Persimpangan Bandara Kualanamu Ditutup Permanen, Alternatif Lewat Mana?

Lebih lanjut Risal juga menyampaikan bahwa tahun ini DJKA telah berhasil menyelesaikan pembangunan jalur KA Tebing Tinggi - Kuala Tanjung untuk ruas Tebing Tinggi - Lalang.

“Alhamdulillah pada tanggal 2 Desember 2022 kemarin telah dilakukan soft launching KA Datuk Blambangan yang akan melayani masyarakat untuk lintas Tebing Tinggi - Lalang,” sebut Risal. 

Risal menambahkan, capaian pembangunan yang berhasil dilakukan DJKA di tahun ini diharapkan dapat membawa manfaat dan menjawab kebutuhan masyarakat. (fhm)