Soal KA Argo Parahyangan Dihapuskan, Kemenhub: Jalurnya Aja Beda dengan KCJB

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 13/Des/2022 22:31 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Ditjen Perkeretaapian (DJKA) membantah bakal menghapus kereta jarak jauh KA Argo Parahyangan ketika Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) resmi beroperasi.

Plt Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal menegaskan, pihaknya belum merencanakan penghapusan KA Argo Parahyangan. Alasannya, karena jalur yang dilewati pun berbeda dengan KCJB.

Baca Juga:
Ratusan Petugas KCIC Pastikan Prasarana Kereta Cepat Whoosh dalam Kondisi Prima dan Siap Sambut Angkutan Lebaran

"Enggak ada, pemerintah kami belum merencanakan dalam waktu dekat menyetop Argo Parahyangan, belum karena kan jalurnya beda loh," katanya kepada wartawan di Gedung Kemenhub, Senin (12/12/2022).

Lebih lanjut, Risal menjelaskan, KA Argo Parahyangan melewati beberapa daerah, bahkan kawasan pariwisata. Sementara KCJB hanya berhenti di empat titik.

Baca Juga:
Pastikan Keamanan Whoosh, KCIC Rutin Tes Kesehatan Hingga 100 Petugas Sebelum Berdinas

"Parahyangan itu berenti di beberapa titik. Sementara Kereta Cepat hanya berenti di empat titik, Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. Sementara Argo Parahyangan memasuki banyak daerah berbeda, bahkan ada daerah wisata," ucapnya.

Karena itu, kata Risal, pihaknya belum berencana untuk menghapus pengoperasian KA Argo Parahyangan.

Baca Juga:
KAI Dukung Program Motor Gratis Kemenhub, Pendaftaran hingga 18 April 2024

Ia mengatakan, akan melihat bagaimana KA Argo Parahyangan dan KCJB berjalan bersama.

"Ini beda, pangsa pasarnya beda, jalurnya beda, sasarannya beda. Kita enggak usah tebak-tebak kami kaji dulu, kita lihat kondisinya. Yang penting jalan dulu itu Parahyangan, jalan dulu itu Kereta Cepat, kita lihat pangsa pasar masing-masing," jelasnya.

Seperti diketahui, belakangan ini muncul kabar KA Argo Parahyangan bakal dihentikan ketika KCJB resmi beroperasi. Adapun saat ini pemerintah tengah mengebut penyelesaian proyek KCJB. Sebab, KCJB ditargetkan bakal beroperasi pada Juni 2023.(fhm)