Deklarasi Forkomtar Kemenhub Digelar dan Formatur Pengurus Rampung Dibentuk

  • Oleh : Naomy

Rabu, 14/Des/2022 07:48 WIB
Deklarasi Forkomtar Kemenhub di Museum Transportasi TMII Deklarasi Forkomtar Kemenhub di Museum Transportasi TMII

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Forum Komunikasi Taruna Kementerian Perhubungan (Forkomtar Kemenhub) deklarasikan kepengurusan di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Selasa (13/12/2022). 

Taruna/I merupakan bagian penting dalam pemersatu dan perekat NKRI khususnya masa depan Transportasi Indonesia, untuk itu dibutuhkan kemampuan dalam menjaga, mengembangkan dan mewujudkan Indonesia Jaya.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Transportasi Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara (PPSDMPU), Dr. Heri Sudarmaji saat memberikan pengarahan pada kegiatan Deklarasi  Forkomtar Kemenhub.

"Deklarasi Forkomtar ini adalah rangkaian akhir sebagai penutup kegiatan Forkomtar Kemenhub Tahun 2022," ujar Heri. 

Baca Juga:
BPSDMP Sampaikan Duka Mendalam Atas Wafatnya 1 Taruna STIP dan Evaluasi untuk Pembenahan Pola Pengasuhan

Dalam arahannya, dia menyampaikan bahwa terdapat 3 kompetensi penting yaitu teknis, manajerial dan sosial kultural. 

ketiganya sangat penting sebagai bekal dalam dunia kerja termasuk dalam beradaptasi terhadap perkembangan teknologi yang saat ini berkembang semakin masif.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Natuna

"Melalui pembentukan Forkomtar Kemenhub ini diharapkan dapat membangun dan meningkatkan soft skill 4C yaitu critical thinking, creative, communication dan colaboration antar Taruna/I Perguruan Tinggi Kemenhub, Selanjutnya kami tunggu kontribusi nyata para Taruna/I bagi bangsa ini yang tentunya bisa kalian berikan saat kalian masih di perguruan tinggi maupun saat kalian sudah memasuki dunia kerja," ungkapnya.

Prosesi pembacaan dan penandatangan Deklarasi Forkomtar Kemenhub Tahun 2022 dilakukan Ahmad Maulidul Anshor dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta sebagai pembaca Deklarasi, serta tiga perwakilan Taruna/I pada penandatangan Deklarasi.

Mereka adalah Mhd. Eno Azriel Setiawan dari Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD (PTDI-STTD), Hakim Al Majid perwakilan dari Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dan Muhammad Iqbal perwakilan dari Politeknik Penerbangan Surabaya (Poltekbang Surabaya).

Prosesi penandatanganan Deklarasi ikut disaksikan langsung dan ditandatangani oleh Kepala PPSDMPU, Dr. Heri Sudarmaji, Direktur PTDI-STTD Bekasi, Ahmad Yani, Direktur PIP Semarang, Capt. Dian Wahdiana, Kepala Bidang Pendidikan PPSDMPU, Ahmad Bahrawi, dan Kepala Bagian Umum BPSDM Perhubungan, Sindu Rahayu.

Direktur PTDI-STTD, Ahmad Yani dalam laporannya menyampaikan, kegiatan Forkomtar Kemenhub Tahun 2022 telah dilaksanakan selama dua hari 12-13 Desember 2022 dan dihadiri oleh perwakilan dari 23 Perguruan Tinggi di lingkungan BPSDM Perhubungan.

Dalam kegiatan tersebut diadakan pemilihan pengurus Formatur Forkomtar Kemenhub Tahun 2022.

Pengurus sebagai berikut, Dicky Ramadan dari PIP Makasar sebagai Ketua Formatur, Eno Azriel dari PTDI-STTD Bekasi sebagai Wakil Ketua Formatur I, Awal Septian dari PPI Curug sebagai Wakil Ketua Formatur II, Ahmad Maulidul Anshor dari STIP Jakarta sebagai Wakil Ketua Formatur III dan Putra Solehudin dari Poltekbang Surabaya sebagai Sekretaris Formatur Forkomtar Kemenhub Tahun 2022.

Diharapkan pemilihan pengurus Formatur Forum Komunikasi Taruna Kementerian Perhubungan Tahun 2022 dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan isi Deklarasi, yaitu:

- Berkomitmen dalam menjaga dan meningkatkan rasa persatuan dan kekeluargaan antar Taruna/I Kementerian Perhubungan
- Menjaga nama baik dan martabat Taruna/I Kementerian Perhubungan
- Bergotong royong dengan seluruh komponen Kementerian Perhubungan yanv Professional, Beretika, Berstandar Global dqn Berintegritas
- Menjadi garda terdepan dalam membina dan mengembangkan kemampuan manajerial dan kepemimpinan Taruna Kementerian Perhubungan
- Membentuk Forkomtar Kemenhub sebagai wahana untuk meningkatkan soliditas, sinergitas dan koordinasi Taruna Kemenhub demi kemajuan Transportasi Indonesia. (omy)