Lagi! Elon Musk Jual Saham Tesla 3,6 Miliar Dolar AS

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 16/Des/2022 14:41 WIB
Elon Musk. (Ist) Elon Musk. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bos Tesla Elon Musk mengungkapkan penjualan saham Tesla lagi senilai 3,6 miliar dolar AS pada Rabu (14/12/2022), sehingga totalnya mendekati 40 miliar dolar tahun ini, dan membuat investor frustrasi karena saham perusahaan tersebut berkubang di posisi terendah dua tahun.

Sebuah laporan kepada otoritas sekuritas AS menunjukkan dia melepaskan 22 juta saham produsen mobil paling berharga di dunia itu selama tiga hari dari Senin (12/12/2022) hingga Rabu (14/12/2022).

Baca Juga:
Elon Musk Beli Twitter, Eh.. Malah Jual Saham Tesla, Investor Jadi Marah

Penjualan itu adalah bagian besar kedua dari saham yang telah diuangkan sejak pembelian Twitter senilai 44 miliar dolar AS pada Oktober, meskipun dia berulang kali meyakinkan pada April bahwa dia telah selesai menjual saham Tesla.

Tidak jelas apakah penjualan tersebut terkait dengan akuisisi Twitter, tetapi mereka mengganggu investor yang kecewa dengan persepsi dia mengalihkan fokus dan sumber dayanya ke Twitter di depan Tesla.

Baca Juga:
Tesla Akan Investasi Mobil Listrik

"Itu tidak menaruh banyak kepercayaan pada bisnis, atau berbicara banyak tentang perhatiannya," kata Tony Sycamore, seorang analis di broker IG Markets, di mana Tesla adalah saham populer di kalangan investor kecil.

"Ini bukan situasi yang baik. Saya telah berbicara dengan banyak investor yang memiliki saham Tesla dan mereka sangat marah pada Elon."

Baca Juga:
BNI Serahkan Hadiah Utama Mobil Listrik Tesla Kepada Pemenang Undian

Tidak ada tanggapan segera atas permintaan Reuters untuk komentar dari Tesla dan dari Musk yang dikirim melalui surel di luar jam kerja. Musk menguasai 13,4 persen saham di Tesla turun dari sekitar 17 persen tahun lalu, menurut data Refinitiv.

Saham Tesla, yang naik sekitar 1,0 persen pada awal perdagangan pada Kamis (15/12/2022), telah berkurang setengahnya tahun ini, berkinerja buruk baik di pembuat mobil maupun Nasdaq yang padat teknologi, yang turun sekitar 30 persen tahun ini.

Nilai total penjualan Musk selama setahun terakhir mencapai hampir 40 miliar dolar AS.

"Ini akan mulai melelahkan bagi investor," kata Tareck Horchani, Kepala perdagangan pialang di Maybank Securities di Singapura.

Penjualan saham terbaru datang sebulan setelah Musk menjual saham senilai 4 miliar dolar AS pada hari-hari setelah dia menutup kesepakatan Twitter.

Investor Tesla Ross Gerber, pendukung kuat Musk, mengatakan di Twitter bahwa Tesla harus mengumumkan pembelian kembali "untuk memanfaatkan harga saham rendah yang diciptakan Elon."

Kekayaan Musk, sebagian besar terikat pada saham Tesla, telah jatuh dengan harga tahun ini dan dia sempat kehilangan gelarnya sebagai orang terkaya di dunia minggu lalu - menurut Forbes - ketika diambil alih oleh bos Louis Vuitton, Bernard Arnault.

Sementara itu, Twitter telah melihat pengiklan melarikan diri di tengah kekhawatiran tentang pendekatan Musk untuk mengawasi cuitan, memukul pendapatan dan kemampuannya untuk membayar bunga atas utang 13 miliar dolar AS yang diambil Musk untuk kesepakatan itu.

Cuitan kontroversialnya juga mengancam merusak merek dan penjualan mobil Tesla, kata investor.

"Investor khawatir tentang permintaan, harga, margin kotor dan gangguan/overhang/dampak Twitter pada merek Tesla," kata RBC Capital Markets, memangkas target harganya sebesar 100 dolar AS menjadi 225 dolar AS.

Tesla juga menghadapi hambatan ekonomi makro yang membebani permintaan akan mobil mahalnya. Perusahaan menawarkan diskon di Amerika Serikat dan China, dua pasar terbesarnya, untuk meningkatkan permintaan.

Musk mengatakan pada Selasa (13/12/2022) bahwa "Tesla akan hebat dalam jangka panjang, tetapi tidak mengendalikan gelombang ekonomi makro."(fhm/sumber:antara)