Jelang Nataru, Awak Sarana Perkeretaapian KAI Daop 1 Jakarta Jalani Tes Narkoba

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 21/Des/2022 19:04 WIB
Foto/dok.KAI Foto/dok.KAI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Memastikan operasional KA Masa Nataru aman, KAI Daop 1 Jakarta berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN-RI) melaksanakan kegiatan Pemeriksaan kesehatan dan Tes Narkoba.

Pemeriksaan dilakukan kepada jajaran pekerja Daop 1 Jakarta mulai Rabu (21/12/2022) di Klinik Mediska Manggarai.

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Operasikan 6 KA Tambahan di Momen Libur Panjang Waisak-Akhir Pekan

"Kegiatan diikuti sekitar 150 pekerja Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) yang terdiri dari Masinis, Asisten Masinis, Petugas Layanan Kereta, Teknisi Kereta Api dan Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA)," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Anne mengatakan, pemeriksaan kesehatan dan Tes Narkoba dilakukan di luar pemeriksaan rutin yang dilakukan kepada ASP saat akan melaksanakan dinas. Hal itu dilakukan guna memberikan jaminan keamanan dan keselamatan Perjalanan Kereta Api (Perka) kepada para pelanggan KA.

Baca Juga:
Penumpang KA dari Gambir dan Pasar Senen Meningkat saat Libur Panjang Waisak-Akhir Pekan

"Utamanya untuk menyambut Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, dengan meyakinkan bahwa Crew KA yang sedang berdinas betul-betul dalam kondisi sehat dan performa terbaiknya sebagai garda terdepan perusahaan yang melayani penumpang secara langsung," sambung Eva.

Ditambahkan Eva, hal itu juga dalam rangka penanggulangan penggunaan narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (NAPZA) di lingkungan PT KAI Daop 1 Jakarta. 

Baca Juga:
Selama Libur Akhir Pekan KAI Daop 1 Jakarta Berangkatkan 146 Ribu Lebih Penumpang

Persiapan di berbagai lini terus dilakukan agar angkutan Nataru dapat berjalanan lancar, aman dan nyaman. DAOP 1 Jakarta memperkirakan jumlah volume penumpang yang menggunakan jasa Kereta Api meningkat hampir 3 kali lipat jika dibandingkan dengan Nataru tahun lalu. (Fhm)