DKI Bakal Tambah 190 Bus Listrik Transjakarta Pakai APBD 2023

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 23/Des/2022 16:48 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo mengatakan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan menambah 190 bus listrik. Pengadaan bus listrik Transjakarta itu akan menggunakan APBD 2023.

“Tahun depan ada penambahan 190 bus listrik,” kata Syafrin saat ditemui kawasan Monas usai Apel Operasi Lilin, Kamis (22/12/2022).

Kadishub DKI Jakarta itu mengatakan penambahan tersebut dilakukan sesuai rencana kerja PT Transjakarta. 

“Rencana kerja anggaran perusahaan TJ, tahun depan kita akan operasional total sebanyak 220 bus listrik,” ujarnya.

Pada saat ini ada 30 unit bus listrik Transjakarta yang beroperasi di Ibu Kota.

Sebelumnya, mantan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menggunakan 200 unit kendaraan listrik mulai digunakan pada 2023 untuk mendukung peningkatan kualitas udara.

"Tahun depan akan kami siapkan tidak kurang dari 100 dan juga kendaraan roda dua tidak kurang dari 100," kata Riza Patria pada peringatan Hari Perhubungan Nasional di Jakarta, Sabtu (1712/2022).

Namun, Riza belum memberikan detail anggaran yang disiapkan untuk pengadaan kendaraan bermotor listrik tersebut.

Ia menjelaskan, rencana pengadaan kendaraan dinas untuk operasional dengan bahan bakar listrik itu dilakukan bertahap dan akan terus ditambah.

Dia mengharapkan masyarakat juga mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan kualitas udara bersih di Jakarta. Salah satunya dengan beralih menggunakan transportasi umum massal.

Disebutkan bahwa TransJakarta berencana menambah bus listrik menjadi 100 unit hingga akhir tahun ini. Tahun 2023, rencananya juga akan ditambah sebanyak 100 unit bus listrik.(fhm/sumber:tempo)