Cuaca Ekstrem di Pantai Banten, Wisatawan Diminta Tidak Berenang Saat Liburan Akhir Tahun

  • Oleh : Dirham

Sabtu, 31/Des/2022 16:24 WIB
Pantai Banten.  Pantai Banten. 

LEBAK (BeritaTrans.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten mengingatkan wisatawan yang mengisi liburan tahun baru agar tidak berenang di kawasan Pantai Selatan untuk mencegah kecelakaan laut.

"Kami berharap peringatan ini dapat dipatuhi oleh semua wisatawan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Feby Pratama Rizky di Lebak, Sabtu (31/12/2022).

Perairan selatan Banten atau Samudera Hindia pada Minggu (1/1/2023) diprakirakan ketinggian gelombang berkisar hingga 4.0 meter. Selain itu juga berpotensi hujan dan angin kencang, sehingga dapat membahayakan untuk wisatawan berenang.

Kondisi demikian di pesisir pantai selatan Banten dapat mengakibatkan wisatawan terseret gelombang tinggi jika mereka berenang di lokasi itu.

"Kami minta wisatawan dapat mematuhi aturan petugas untuk mencegah kecelakaan laut," kata dia yang dilansir dari Antara.

Menurut dia, biasanya pada liburan nataru sejumlah obyek pantai selatan Banten dipadati wisatawan. Para wisatawan itu datang dari berbagai daerah di Provinsi Banten juga sejumlah daerah di Jawa Barat dan DKI Jakarta.

"Kami minta wisatawan dapat mematuhi peringatan agar tidak berenang karena dapat menimbulkan korban jiwa, sebab banyak wisatawan yang berenang menjadi korban terseret ombak, " katanya menambahkan.

Sementara itu, pengelola pantai Suka Maju Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak, Wahyu mengatakan pihaknya telah memasang spanduk pelarangan berenang di sekitar pantai dengan tema "Demi keselamatan anda dilarang berenang di pantai".

Gelombang Ekstrem

Saat ini, gelombang pesisir selatan Banten cukup ekstrem, sehingga bisa membahayakan wisatawan jika berenang.

"Kami berharap wisatawan menikmati pesisir selatan Banten pada liburan tahun baru dengan selamat," katanya. (ds/sumber Liputan6.com)