Menhub: Pergerakan Penumpang Angkutan Umum di Libur Nataru Meningkat 71,09%

  • Oleh : Naomy

Rabu, 04/Janu/2023 13:00 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi di sela penutupan Posko Menhub Budi Karya Sumadi di sela penutupan Posko

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara resmi menutup Posko Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (4/1/2022).

Posko Nataru ini berlangsung 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.
 
"Berdasarkan hasil pemantauan, pergerakan penumpang angkutan umum di semua moda mencapai 10,31 juta penumpang atau meningkat 71,09% jika dibandingkan dengan angkutan nataru tahun 2021 lalu sebanyak 6,03 juta penumpang," jelas Menhub

Baca Juga:
Animo Masyarakat Tinggi, Ditjen Hubdat Siapkan 722 Bus dan 30 Truk untuk Mudik Gratis Lebaran 2024

Kenaikan jumlah penumpang terjadi di seluruh moda transportasi baik angkutan jalan, penyeberangan, laut, udara dan kereta api.
 
Menhub mengungkapkan, cuaca ekstrem di masa libur Nataru mengakibatkan terganggunya beberapa perjalanan angkutan umum seperti penundaan ataupun pembatalan perjalanan.
 
“Kita melihat bahwa gangguan cuaca merupakan tantangan yang paling besar dihadapi pada tahun ini di tengah melonjaknya jumlah penumpang. Apa yang sudah kita siapkan relatif berjalan baik dan tetap ada beberapa evaluasi yang harus ditingkatkan ke depannya, sebagai persiapan untuk menghadapi angkutan lebaran tahun ini,” ujar Menhub.
 
Untuk mengantisipasi gangguan cuaca, sejumlah upaya telah dilakukan di antaranya, meningkatkan pengawasan terhadap aspek keselamatan dan berkoordinasi secara intensif dengan operator sarana dan prasarana transportasi, serta memberikan sejumlah imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada dengan kondisi cuaca ekstrem.
 
“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang memberikan dukungan secara langsung atau tidak langsung, dan saya melihat bahwa kekompakan dari stakeholder ini menjadi kunci dari keberhasilan kita semua. Terima kasih juga kepada rekan-rekan media yang memberikan dukungan sehingga imbauan yang kita sampaikan baik itu dari Kemenhub, Polri, maupun kementerian/lembaga yang lain dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat,” ujar Menhub.
 
Selain lonjakan penumpang angkutan umum, jumlah kendaraan yang keluar Jabodetabek yang terpantau melalui  empat gerbang tol utama juga meningkat  7,54% atau sebanyak 2,24 juta kendaraan, dibandingkan tahun lalu yang mencapai 2,07 juta kendaraan. 

Sementara itu, kendaraan yang masuk Jabodetabek meningkat 7,48% atau sebanyak 2,18 juta kendaraan, dibandingkan tahun lalu yang mencapai 2,01 juta kendaraan.
 
Sejumlah catatan yang akan dilakukan evaluasi di antaranya yakni: sinkronisasi yang lebih baik antara pengambilan kebijakan dengan pelaksanaan di lapangan, pengaturan cuti bersama dan waktu libur sekolah untuk membagi beban lalu lintas jalan dan menyiapkan armada angkutan umum yang memadai. 

Baca Juga:
Menhub Pastikan Angkutan Lebaran Berjalan Aman dan Lancar

Kemudian, mengantisipasi titik-titik krusial yang berpotensi terjadi kepadatan lalu lintas atau lonjakan penumpang, pengaturan rest area, dan titik-titik yang berpotensi terdampak kondisi alam seperti banjir, longsor, dan lain-lain.
 
“Menghadapi angkutan lebaran yang kurang dari empat bulan lagi, saya juga minta kepada jajaran Kemenhub untuk melakukan pengamatan dengan lebih teliti, dan selalu berkoordinasi intensif dengan stakeholder. Terobosan-terobosan juga harus dilakukan dengan baik, dan survei harus dilakukan secara akurat terkait berapa jumlah pemudik yang akan terjadi, sehingga lonjakan yang terjadi dapat diantisipasi lebih baik lagi,” ujar Menhub.
 
Turut hadir pada Penutupan Posko Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Kepala Korlantas Polri Firman Santyabudi, Kepala Basarnas Henri Alfiandi, Ketua KNKT, jajaran Kemenhub, serta jajaran Direksi BUMN dan Swasta sektor transportasi. (omy)

Baca Juga:
Hasil Survei Baketrans: Potensi Pergerakan Masyarakat Selama Lebaran 2024 Bakal Tembus 193,6 juta