Ini Alasan Kenapa Pramugari Pesawat Kebanyakan Perempuan

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 08/Janu/2023 18:07 WIB
Pramugari. (Ist) Pramugari. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Mengulas alasan kenapa pramugari pesawat kebanyakan perempuan. Fenomena ini tidak lepas dari hak fundamental perempuan dalam dunia pekerjaan.

Penumpang pesawat terbang sudah tidak asing dengan keberadaan pramugari. Sebagian penumpang mungkin bertanya mengapa pramugari identik dengan perempuan. Apakah tidak ada pramugari laki-laki?

Baca Juga:
Wanita Ini Dimusuhi Penumpang Lain dan Juga Kru Pesawat saat Penerbangan, Bagaimana Kisahnya?

Dominasi perempuan dalam dunia penerbangan adalah fakta. Perusahaan terus mengiklankan bias gender ini dengan sangat jelas. Namun, ternyata ada alasan kenapa pramugari pesawat kebanyakan perempuan.

Dilansir dari Simple Flying, laki-laki awalnya lebih mendominasi pekerjaan sebagai pramugari pada tahun 1912. Heinrich Kubis adalah seorang pramugari laki-laki yang bekerja untuk maskapai penerbangan Jerman.

Baca Juga:
Persiapan Angkutan Mudik 2023, Awak Kabin Lion Air Group Tingkatkan Pelatihan Pelayanan dan Keamanan

Pada masa itu, pramugari berperan penjaga keselamatan penumpang. Pramugari tidak melayani makan dan minum penumpang. Seiring perkembangan zaman, penerbangan terus menambah awak kabin.

Sekitar 18 tahun kemudian, dunia penerbangan dipenuhi oleh awak kabin perempuan. Seorang perempuan bernama Gereja Ellen menjadi salah satu pramugari pertama perempuan saat itu. Pada tahun 1930, Ellen bekerja untuk maskapai Boeing Air Transport.

Baca Juga:
Kru Lion Air JT-797 yang Tabrak Garbarata di Bandara Mopah Dites Narkoba, Ini Hasilnya!

Ellen mendaftar sebagai perawat di pesawat. Sejak saat itu dunia penerbangan semakin membutuhkan peran perempuan. Banyak maskapai mencari awak kabin perempuan untuk bekerja sebagai perawat penumpang.

Stereotip perempuan bekerja sebagai pramugari semakin mengakar. Memasuki tahun 1900-an, maskapai menerapkan aturan ketat ketika merekrut awak kabin. Peraturan tersebut meliputi berat badan, usia, status, dan penampilan.

Karakteristik pramugari mulai berkembang pada tahun 1900-an. Lebih dari 75% awak bakin suatu maskapai di Amerika Serikat adalah perempuan. Pada era tersebut, pekerjaan pramugari identik dengan pekerjaan glamor dan feminin.

Meski demikian ada alasan mengapa pramugari identik dengan pekerjaan perempuan. Marketing Mind merangkum alasan kenapa pramugari pesawat kebanyakan perempuan. Pertama karena mayoritas orang lebih mendengarkan perempuan daripada laki-laki.

Perempuan juga dinilai sebagai pendengar yang baik dan memiliki keterampilan melayani. Selain itu, keberadaan wanita juga lebih menarik perhatian. Bobot ringan perempuan juga mempengaruhi alasan kenapa awal kabin mayoritas adalah perempuan.

Demikian alasan kenapa pramugari pesawat kebanyakan perempuan.(fhm/sumber:okezone)