Proyek Tol Lingkar Solo Bakal Lewati Jaten, Nguter, hingga Pakis

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 11/Janu/2023 23:33 WIB
Peta survei rencana tol lingkar timur-selatan Kota Solo yang disampaikan ke desa. Foto: dok. Istimewa Peta survei rencana tol lingkar timur-selatan Kota Solo yang disampaikan ke desa. Foto: dok. Istimewa

SOLO (BeritaTrans.com) - Wacana pembangunan jalan tol lingkar timur-selatan di luar Kota Solo terus dibahas. Dalam desain awal, Kota Solo sama sekali tidak terdampak.

Kepala DPUPR Kota Solo, Nur Basuki mengatakan ada tiga kabupaten yang dilewati tol lingkar Solo, yakni Karanganyar, Sukoharjo, dan Klaten. Tol lingkar itu akan terintegrasi dengan jalan tol Solo-Kertosono dan tol Solo-Jogja.

Baca Juga:
Jalan Tol Banyurejo-Sleman Ditargetkan Beroperasi Awal 2025, Begini Progresnya

"Yang sudah ada kan jalan tol Solo-Kertosono. Itu akan terintegrasi dari timur Solo di Jaten (Karanganyar), ke selatan hingga Nguter (Sukoharjo), terus ke Pakis (Klaten), tembus di jalan tol Solo-Jogja. Lewatnya selatan dan timur Solo," kata Basuki saat dihubungi wartawan, Selasa (10/1/2023).

Pemkot Solo menyiapkan delapan exit tol yang akan terintegrasi dengan Kota Solo. Namun exit tol itu masih perlu pembahasan lebih lanjut.

Delapan exit tol itu tidak hanya berada di Kota Solo, namun juga ada di Karanganyar, Sukoharjo, dan Klaten.

"Kemarin belum disepakati, yang jelas tol lingkar harus terkoneksi dengan Kota Solo. Nanti akan ada pembicaraan dengan Bupati di sekitar Solo, agar mereka punya visi membuat konektifitas tol ke Kota Solo," ucapnya.

Basuki menuturkan, wacana tol lingkar Solo itu sudah ada sejak tahun 2021. Namun pembahasannya berhenti karena pandemi Covid-19. Usai pandemi, wacana tersebut kembali dibahas.

"Ini baru feasibility study (FS), uji layak atau tidaknya suatu kegiatan. Kalau layak ada tindak lanjut. Kewenagan ada di pusat, lokasinya di luar kota Solo," pungkasnya.(fhm/sumber:detikjateng)