Punya Alam Luas, Gunungkidul Wacanakan Wisata Penerbangan

  • Oleh : Dirham

Rabu, 18/Janu/2023 11:56 WIB
Ikon Gunungkidul. Ikon Gunungkidul.

YOGYAKARTA (BeritaTrans.com) - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, masih akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk tindak lanjut wacana Bupati Gunungkidul Sunaryanta beberapa waktu lalu. 

"Kami sudah mendengar wacana bapak Bupati terkait pengembangan wisata udara," kata Kepala Dinas Pariwisata, Mohammad Arif Aldian saat dihubungi Kompas.com melalui telepon Rabu (18/1/2023). 

Dikatakannya, wisata penerbangan di Bumi Handayani cukup menarik karena wilayah terdiri dari pegunungan karst jika dilihat dari atas akan terlihat indah. 
Apalagi pegunungan karst Geopark Gunung Sewu sebagai anggota Unesco Global Geopark (UGG). 

"Wilayah Gunungkidul kan 46 persen wilayah DIY. Kalau dilihat dari atas hamparan Conical hill menunjukkan keunikan geopark Gunungkidul," kata Arif. 

"Selain itu wilayah pantai juga memiliki panjang puluhan kilo meter itu akan menarik dan belum ada di daerah lain," kata dia. 

Namun demikian, Arif mengaku belum berkoordinasi dengan pihak terkait untuk wacana ini. "Sekali lagi kami belum berkoordinasi dengan pihak terkait, mungkin dilain kesempatan," kata dia. 

Sebelumnya, Bupati Gunungkidul Sunaryanta dalam beberapa kesempatan mengatakan terkait potensi pengembangan wisata udara di wilayahnya. Hal ini karena wilayah Gunungkidul cocok untuk wisata udara. 

Apalagi sudah ada  fasilitas Lapangan Udara (Lanud) Gading, Playen yang bisa dimanfaatkan. 

"Akan dikaji potensinya seperti apa, serta bagaimana menarik pihak swasta," kata Sunaryanta. 

Wacana pengembangan wisata udara ini karena dirinya ingin mengembangan wisata dari semua sisi baik darat, laut, dan udara. 

Dikatakannya, wisata udara seperti ini tergolong wisata minat khusus, dan Sunaryanta optimistis tetap ada minat dari wisatawan. 

"Apalagi generasi saat ini juga menyukai wisata yang ekstrem," kata dia. (ds/sumber Kompas.com)