Di Upacara Pelepasan 152 Perwira BP3IP Jakarta, Sekretaris BPSDMP: Kita Pelaut Ulung

  • Oleh : Naomy

Kamis, 19/Janu/2023 20:04 WIB
Pelepasan Perwira lulusan BP3IP Jakarta Pelepasan Perwira lulusan BP3IP Jakarta

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) –  Pelaut Indonesia adalah pelaut-pelaut ulung yang dapat mengibarkan kejayaan Bangsa Indonesia di dunia maritim baik secara nasional maupun Internasional. 

Baca Juga:
BPSDMP Bahas Penyusunan Kurikulum Diklat Ahli Kepelabuhanan

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Heri Sudarmaji, saat memberikan sambutan di Upacara Pelepasan Perwira Transportasi Pelayaran ke-52 Bidang Keahlian Nautika dan Teknika Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah pada Kamis (19/1/2023).

Sekretaris BPSDMP menyampaikan, perwira yang lulus hari ini merupakan para pelaut yang telah mendapatkan peningkatan kompetensi bidang pelayaran dan mampu melaksanakan tugas di atas kapal serta menyelesaikan permasalahan dengan tangguh dan andal dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai budaya Bangsa Indonesia.

Baca Juga:
Gedung General Workshop Poltekbang Palembang Diresmikan

“Mari kita kobarkan semangat para pelaut-pelaut terdahulu mengarungi samudera dengan tetap menjaga integritas bangsa Indonesia," ungkapnya.

Tema Upacara Pelepasan Perwira Transportasi Pelayaran kali ini yaitu “Supporting Development and Capacity Building of Human Resources for Adopting New Technologies for Greener Shipping”.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP: Taruna Kemenhub Harus Mampu Hadapi Tantangan Wujudkan Sustainable Transport

Dia menyampaikan,  para lulusan juga harus bisa mengadopsi dan beradaptasi dengan teknologi terbaru di dunia maritim serta fokus pada pentingnya sektor maritim yang berkelanjutan untuk membangun kembali dunia yang lebih baik dan lebih hijau pascapandemi Covid-19. 

“BP3IP Jakarta sebagai lembaga diklat kepelautan harus berperan aktif dalam upaya untuk mendukung penyiapan sumber daya manusia yang siap dalam mengadopsi teknologi baru di dunia maritim yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dengan memanfaatkan Internet of Thing, Artificial Intelligence, Big Data dan Blockchain," urainya.

Menghadapi bonus demografi di Indonesia dan persaingan dunia global, sebagai Pembina UPT Pendidikan dan Pelatihan di lingkungan Kementerian Perhubungan, Sekretariat BPSDMP terus mendorong lembaga diklat untuk melakukan pemenuhan standar-standar nasional dan internasional agar menghasilkan lulusan yang berkualitas.

“Kehadiran lembaga diklat kepelautan yang menghasilkan lulusan yang berkualitas merupakan salah satu upaya kita dalam menghubungkan antar pulau di Indonesia bahkan dunia," tambah dia.

Di akhir sambutanya, Sekretaris BPSDMP mengucapkan terima kasih kepada Civitas Akademika BP3IP Jakarta atas kerja keras dan jerih payahnya dalam mencetak lulusan Perwira transportasi yang ber-Prestasi (Professional, Etika, Standar Global dan Integritas).

Perwira yang mengikuti Upacara Pelepasan Perwira Transportasi Pelayaran ke-52 terdiri dari 152 orang. Mereka terdiri dari lulusan Diklat Pelaut Tingkat I Bidang Keahlian Nautika sebanyak 17 orang, Diklat Pelaut Tingkat I Bidang Keahlian Teknika sebanyak 11 orang, Diklat Pelaut Tingkat I Bidang Keahlian Nautika sebanyak 20 orang, Diklat Pelaut Tingkat I Bidang Keahlian Teknika sebanyak 11 orang, Diklat Pelaut Tingkat II Bidang Keahlian Nautika sebanyak 17 orang, Diklat Pelaut Tingkat II Bidang Keahlian Teknika sebanyak 10 orang.

Diklat Pelaut Tingkat III Bidang Keahlian Teknika 10 orang, Diklat Pelaut Tingkat III Bidang Keahlian Teknika empat orang, Diklat Pelaut Tingkat III Bidang Keahlian Nautika 12 orang.

Diklat Pelaut Tingkat IV Bidang Keahlian Teknika sebanyak 19 orang, Diklat Pelaut Tingkat IV Bidang Keahlian Nautika 11 orang, dan Diklat Pelaut Tingkat IV Bidang Keahlian Nautika 10 orang. (omy)