Norwegia Larang Mobil Listrik Naik Kapal Feri dan Kargo

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 25/Janu/2023 16:36 WIB
Foto:Ilustrasi mobil listrik. Foto:Ilustrasi mobil listrik.

OSLO (BeritaTrans.com) - Perusahaan pelayaran Norwegia sekarang tidak lagi mengizinkan kendaraan listrik diangkut dengan kapal kargo dan feri, karena potensi risiko kebakaran.

Seperti dilansir dari Autopro, Perusahaan Havila Krystruten menjelaskan bahwa hanya penumpang, barang, dan mobil dengan mesin pembakaran internal yang diizinkan naik ke kapal.

Baca Juga:
Menhub Apresiasi Ekspedisi Pinisi Nowergia Jaga Kelestarian Laut Dunia

Kekhawatiran ini konon bermula dari peristiwa kebakaran yang menimpa kapal kargo Felicity Ace di Samudera Atlantik, tahun lalu.

Meskipun sebagian besar penelitian mengungkapkan bahwa kendaraan bermesin pembakaran internal lebih cenderung terbakar daripada EV, Havila Krystruten menyebutkan kemampuan mereka yang terbatas untuk mengatasi kebakaran yang disebabkan oleh baterai.

Baca Juga:
Indonesia Bersyukur Disinggahi Kapal Norwegia di Misinya Keliling Dunia untuk Pembangunan Laut Berkelanjutan

Managing Director Havila Krystruten, Bent Martini mengatakan, "Ini adalah penilaian keselamatan asli, dan kesimpulan dari analisis risiko menunjukkan bahwa kami mampu mengatasi kebakaran yang disebabkan oleh kendaraan fosil.

“Namun, kebakaran yang disebabkan oleh kendaraan listrik, hibrida, atau hidrogen memerlukan bantuan penyelamat dari luar dan dapat membahayakan awak kapal dan kapal itu sendiri.

Baca Juga:
Berkapasitas 3.219 Penumpang, Kapal Pesiar Anyar Norwegian Viva Tawarkan Sensasi Pelayaran Premium

Langkah terbaru ini dinilai menyulitkan warga Norwegia, mengingat negara tersebut merupakan salah satu konsumen kendaraan listrik terbesar di dunia.(fhm)