Viral Kecelakaan KA Sancaka Tertabrak Truk Pembawa Mobil, Ini Penjelasan KAI

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 27/Janu/2023 17:13 WIB
Detik-detik Kecelakaan di perlintasan tak berpalang pintu Mojoanyar Mojokerto antara Kereta Api Sancaka dengan truk pengangkut mobil.(twitter) Detik-detik Kecelakaan di perlintasan tak berpalang pintu Mojoanyar Mojokerto antara Kereta Api Sancaka dengan truk pengangkut mobil.(twitter)

MOJOKERTO (BeritaTrans.com) - Ramai di media sosial tentang kecelakaan sebuah kereta api dengan truk pengangkut mobil di jalur perlintasan kereta tak berpalang pintu Damarsi Kecamatan Mojoanyar Mojokerto pada Kamis (26/1/2023) malam. KAI pun memberi tanggapan tentang peristiwa kecelakaan yang terjadi.

Berdasarkan postingan video dari akun twitter Komunitas Sahabat Kereta, kecelakaan terjadi sekitar pukul 20.40 WIB. 

Baca Juga:
KA Sancaka Tertabrak Truk Tronton Pengangkut Mobil di Mojokerto

"Detik-detik kejadian laka KA 176 Sancaka rute Yogyakarta - Surabaya Gubeng dilanggar truck muat mobil di Perlintasan tidak resmi KM 51+9 Petak antara Stasiun Mojokerto - Tarik 26 Januari 2023. Tampak masinis sigap mengerem kereta agar tidak terjadi benturan parah," tulis @sahabat_kereta.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan Kereta Api Sancaka No Loko CC 2040301 dari Mojokerto akan menuju stasiun Gubeng Surabaya, namun saat sampai lokasi ada truk tronton yang membawa mobil, kecelakaan akhirnya tak terhindarkan.

"Informasi Gangguan Lintas Kereta Api 26 Januari 2023 pk 20.40 KA 176 Sancaka rute Yogyakarta - Surabaya Gubeng ditamper kendaraan angkut mobil di perlintasan Bypass Mojokerto petak antara Stasiun Mojokerto - Tarik & berdampak perjalanan kereta terganggu," tulis postingan lainnya di akun yang sama.

Penjelasan KAI

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengonfirmasi adanya kecelakaan Kereta Api Sancaka dengan truk.

Ia menyebut, Kereta Api Sancaka dengan relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng tertemper truk di KM 51+825 antara Stasiun Mojokerto-Stasiun Tarik pada Kamis malam.

Akibat kejadian tersebut, lokomotif Kereta Api Sancaka mengalami kerusakan dan diganti dengan lokomotif pengganti yang didatangkan dari Depo Lokomotif Sidotopo.

"Sampai pukul 22.30 WIB, petugas yang ada di lokasi masih berupaya membebaskan jalur supaya bisa dilewati kembali oleh perjalanan kereta api," ujar Luqman kepada wartawan, Kamis.

Selain itu, akibat kejadian tersebut, terdapat 3 kereta api yang perjalanannya sempat terganggu, yakni:

  • KA Ekonomi Lokal relasi Surabaya Kota-Kertosono
  • KA Wijaya Kusuma relasi Cilacap-Surabaya Gubeng-Ketapang
  • KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng.

Pihaknya KAI pun menyampaikan permohonan maaf dan mengakomodir penumpang yang berdampak pada perjalanan KA tersebut.

"Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan yang mengalami keterlambatan perjalanan akibat kejadian ini," ucapnya.

Lebih lanjut, para pelanggan KA Sancaka akan mendapatkan service recovery sesuai ketentuan yang berlaku.

"Begitu juga dengan pelanggan KA lain yang terdampak, petugas akan memberikan service recovery," terangnya.

Para pelanggan yang terdampak, telah diinformasikan terkait kondisi terbaru perjalanan KA-nya melalui kondektur KA.

Hingga pukul 22.50 WIB, jalur KA tersebut bisa dilewati kembali oleh perjalanan KA. KA Sancaka melanjutkan perjalanan kembali menuju Stasiun Surabaya Gubeng yang mengalami keterlambatan 110 menit.

Sementara itu, KA Wijaya Kusuma posisinya berada di Stasiun Mojokerto terlambat 45 menit, dan KA Lokal posisi Stasiun Tarik terlambat 65 menit.

"Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA. Untuk itu, kami meminta doa dan dukungan masyarakat agar perjalanan kereta api dapat kembali normal serta dengan lancar tutup Luqman.(fhmi)