KA Sancaka Tertabrak Truk Tronton Pengangkut Mobil di Mojokerto

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 27/Janu/2023 04:45 WIB
KA Sancaka tertabrak truk pengangkut mobil di perlintasan tidak resmi di Petak antara Stasiun Mojokerto - Tarik, Kamis, 26 Januari 2023.(Twitter) KA Sancaka tertabrak truk pengangkut mobil di perlintasan tidak resmi di Petak antara Stasiun Mojokerto - Tarik, Kamis, 26 Januari 2023.(Twitter)

MOJOKERTO (BeritaTrans.com) - Jalur perlintasan kereta tak berpalang pintu Damarsi Kecamatan Mojoanyar Mojokerto digegerkan dengan kecelakaan antara truk tronton memuat mobil dengan Kereta api Sancaka jurusan Yogyakarta-Surabaya pada Kamis (26/1/2023).

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 20.40 WIB membuat kemacetan cukup panjang di sekitar lokasi kejadian hingga saat ini dan perjalanan KA juga terganggu.

Baca Juga:
Pria Kota Malang Ini Tewas Tertabrak Kereta Api di Perlintasan Rel Kereta Api

Berdasarkan postingan video dari akun twitter Komunitas Sahabat Kereta, peristiwa terjadi terjadi di perlintasan tidak resmi dan masinis sempat melakukan pengereman.

Baca Juga:
Innova Berpenumpang Anggota DPRD Banyuwangi Tertabrak Kereta Api Wijaya Kusuma

"Detik-detik kejadian laka KA 176 Sancaka rute Yogyakarta - Surabaya Gubeng dilanggar truck muat mobil di Perlintasan tidak resmi KM 51+9 Petak antara Stasiun Mojokerto - Tarik 26 Januari 2023. Tampak masinis sigap mengerem kereta agar tidak terjadi benturan parah," tulis @sahabat_kereta.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan Kereta Api Sancaka No Loko CC 2040301 dari Mojokerto akan menuju stasiun Gubeng Surabaya, namun saat sampai lokasi ada truk tronton yang membawa mobil, kecelakaan akhirnya tak terhindarkan.

Baca Juga:
Tertakbrak Kereta API BBM, Pemuda Ini Tewas

"Informasi Gangguan Lintas Kereta Api 26 Januari 2023 pk 20.40 KA 176 Sancaka rute Yogyakarta - Surabaya Gubeng ditamper kendaraan angkut mobil di perlintasan Bypass Mojokerto petak antara Stasiun Mojokerto - Tarik & berdampak perjalanan kereta terganggu," tulis postingan lainnya di akun yang sama.

Saat ini petugas kepolisian sudah mengamankan lokasi dan meminta warga untuk mundur tidak menonton. Begitu juga dengan petugas PMI Kabupaten Mojokerto meminta warga menjauh dari lokasi. 

“Bapak-Ibu yang tidak berkepentingan untuk menjauh dari lokasi karena bahaya bahan bakar yang mudah terbakar,” teriak petugas PMI.

Sejumlah penumpang kereta api Sancaka langsung turun dan meninggalkan lokasi untuk melanjutkan perjalanan menuju Surabaya. Mereka minta warga untuk diantarkan mencari angkutan umum.

Diketahui, di sekitar lokasi dilakukan pembangunan untuk pembangunan dobel track.

Belum diketahui jumlah korban jiwa dan kerugian material akibat kecelakaan ini. Kereta Api Sancaka saat ini telah mundur ke Stasiun Mojokerto. (fhm)