Korlantas Polri Telusuri Jalur Pantura Terkait Persiapan Mudik Lebaran 2023

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 03/Feb/2023 09:52 WIB
Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Ery Nursantari memeriksa persiapan mudik Lebaran 2023 di Cirebon. Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Ery Nursantari memeriksa persiapan mudik Lebaran 2023 di Cirebon.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Ery Nursantari melakukan pemeriksaan di jalur pantai utara (pantura) terkait persiapan mudik Lebaran 2023. 

Pada Kamis (2/2/2023), Ery didampingi sejumlah pejabat terkait menelusuri jalur pantura guna memastikan mudik Lebaran nanti berjalan dengan lancar.

“Kami berjalan dari Jakarta ke Semarang menelusuri jalur pantura untuk persiapan Lebaran. Kami melaksanakan survei jauh-jauh hari agar lebih matang,” kata Ery di kawasan Cirebon, Kamis. 

Menurut Ery, pemeriksaan jalur dilakukan agar bisa memetakan permasalahan yang mungkin terjadi di lapangan saat arus mudik dan balik Lebaran 2023. 
Kemudian, dicarikan solusi dari permasalahan tersebut sehingga mudik Lebaran tidak terganggu. 

“Kami turun ke lapangan dengan tim lengkap (Polri, PUPR, dan Kemenhub) untuk memastikan jalur pantura aman dan nyaman dilalui para pemudik,” ujar Ery.

Hasil dari pengecekan, Ery mengungkapkan, didapati potensi penumpukan kendaraan akan terjadi di pasar tumpah sepanjang jalur pantura. 

“Kami sudah memetakan jalur, terutama yang terdapat pasar tradisional mulai dari Karawang sampai di Losari, karena di titik itu dipastian akan tersendat. Sehingga, perlu penanganan jangka pendek dan panjang,” kata Ery. 

Diketahui, kepadatan kendaraan memang kerap terjadi di area pasar tumpah saat arus mudik dan balik Lebaran. (ds/sumber Antaranews.com/Kompas.com)