Terobos Palang Pintu, Pengendara Motor Terserempat Kereta Api Sawunggalih

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 03/Feb/2023 13:34 WIB
Motor pengendara yang terobos palang pintu KA di JPL 568 KM 4.54 + 0/1 Desa Wonosari, Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (2/2/2023).(DOK POLRES KEBUMEN) Motor pengendara yang terobos palang pintu KA di JPL 568 KM 4.54 + 0/1 Desa Wonosari, Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (2/2/2023).(DOK POLRES KEBUMEN)

KEBUMEN (BeritaTrans.com) - Seorang pengendara motor terserempat KA Sawunggalih karena nekat menerobos palang pintu di JPL 568 KM 4.54 + 0/1 Desa Wonosari, Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (2/2/2023).

Akibatnya, pengendara berinisial AY (26), warga Desa Kuwayuhan, Kecamatan Pejagoan, Kebumen, ini mengalami patah tulang.

Baca Juga:
Terobos Palang Pintu, Pikap Terseret KA hingga Terbakar saat di Pasuruan

Kasubsi Penmas Polres Kebumen Aiptu S Catur Nugraha mengungkapkan, korban berusaha menerobos palang pintu manual.

Padahal, saat itu sedang dilakukan penutupan karena akan ada kereta melintas.

Baca Juga:
Terobos Palang, Pengendara Motor Tewas Tertabrak Kereta di Kebayoran Lama

"Palang pintu sudah mulai ditutup, namun tetap menerobos. Pada saat bersamaan dari arah timur bersamaan KA Sawunggalih pagi. Korban lalu terserempet dan terpental bersama kendaraannya," kata Catur, kepada wartawan, pada Jumat (3/2/2023).

Catur mengatakan, pengendara diduga terlalu tergesa-gesa saat mengendarai sepeda motor karena tertinggal oleh temannya yang berada di depannya.

Saat temannya telah berhasil menyebrang, korban mencoba menyusul, namun palang pintu kereta api sedang ditutup.

Untuk itu, Catur meminta pengendara yang melewati perlintasan kereta api harus waspada.

Sebab, banyak kejadian yang menyebabkan nyawa melayang.

"Meski tidak ditutup palang pintunya sekalipun, masyarakat harus tetap berhenti terlebih dahulu serta memastikan tidak ada kereta yang akan melintas. Apalagi, jika sudah ditutup, pengguna jalan wajib berhenti mendahulukan kereta yang akan melintas," ujar Catur.(fhm/sumber:kompas)