Setiap Provinsi Bakal Ada Kodam, Kenali 15 Kodam TNI AD yang Sudah Ada, Menhan Prabowo: Pertahanan Bersama Rakyat

  • Oleh : Dirham

Sabtu, 11/Feb/2023 16:52 WIB
Markas Kodam II/Sriwijaya di Palembang. Markas Kodam II/Sriwijaya di Palembang.

JAKARTA (BeitaTrans.com) - TNI Angkatan Darat berencana melengkapi Markas Komando Daerah Militer (Kodam) di setiap provinsi. Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan rencana penambahan Kodam hingga kini terus dimatangkan. 

"Kita godok terus. Insya Allah kita mulai sedikit-sedikit," ujar Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (11/2/2023). 

Prabowo menjelaskan penambahan Kodam ini berkaitan dengan sistem pertahanan Indonesia yang menitikberatkan pertahanan bersama dan rakyat semesta. 

Dengan begitu, sistem pertahanan tersebut harus ada kerja sama dengan pemerintah daerah dan sipil.

"Jadi kita butuh bersama selalu dengan pemerintah daerah, selalu dengan pemerintah sipil. Selalu berdampingan. Sama polisi sudah ke arah situ, di setiap provinsi ada Polda," kata Prabowo. 

Saat ini, TNI AD memiliki 15 Kodam yang tersebar di sejumlah provinsi. Antara lain, Kodam I/Bukit Barisan, Kodam II/Sriwijaya, Kodam III/Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro, Kodam V/Brawijaya, Kodam VI/Mulawarman, Kodam IX/Udayana, dan Kodam XII/Tanjungpura. Selanjutnya, Kodam XIII/Merdeka, Kodam XIV/Hasanuddin, Kodam XVI/Pattimura, Kodam XVII/Cenderawasih, Kodam XVIII/Kasuari, Kodam Jayakarta, dan Kodam Iskandar Muda.

Berikut profil singkat 15 Kodam TNI AD: 

1. Kodam I/Bukit Barisan 
Kodam Bukit Barisan merupakan komando kewilayahan pertahanan yang bermakas di Medan, Sumatera Utara. Kodam ini dibentuk pada 20 Juni 1950. Sementara, daerah wilayah pertahanannya mencakup Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau. Saat ini, jabatan Panglima Kodam Bukit Barisan diemban Mayor Jenderal Achmad Daniel Chardin. 

2. Kodam II/Sriwijaya 
Kodam Sriwijaya menaungi wilayah pertahanan sejumlah provinsi, yakni Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung. Kodam yang bermarkas di Palembang, Sumatera Selatan itu dipimpin oleh Mayor Jenderal Hilman Hadi. Kodam Sriwijaya mempunyai moto "Pengabdian Tiada Henti". 

3. Kodam III/Siliwangi 
Kodam Siliwangi adalah komando wilayah pertahanan yang meliputi daerah Banten dan Jawa Barat. Markas Kodam Sriwijaya terletak di Bandung, Jawa Barat. Saat ini, Panglima Kodam Sriwijaya diemban oleh Mayor Jenderal Kunto Arief Wibowo. Kodam ini mempunyai moto "Esa Hilang Dua Terbilang". 

4. Kodam IV/Diponegoro 
Kodam Diponegoro merupakan komando wilayah pertahanan yang membawahi daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kodam Dipengoro bermarkas di Semarang dan dipimpin oleh Mayor Jenderal Widi Prasetijono. Kodam ini membawahi Korem 071/Wijayakusuma di Purwokerto, Korem 072/Pamungkas di Yogyakarta, Korem 073/Makutarama di Salatiga, dan Korem 074/Warastratama di Surakarta. 

5. Kodam V/Brawijaya 
Kodam Brawijaya merupakan komando wilayah pertahanan yang hanya mencakup daerah Jawa Timur. Kodam ini menaungi empat Komando Resort Militer (Korem), yakni Korem 081/Dhirot Saha Jaya, Korem 082/Citra Panca Yudha Jaya, Korem 083/Bala Dika Jaya, dan Korem 084/Bhaskara Jaya. Saat ini, Panglima Kodam Brawijaya dijabat oleh Mayor Jenderal Farid Makruf. 

6. Kodam VI/Mulawarman 
Kodam Mulawarman menaungi wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Kodam Mulawarman saat ini dipimpin oleh Mayor Jenderal Tri Budi Utomo. Kodam ini membawahi empat Korem yang terdiri atas Korem 091/Aji Surya Natakesuma, Korem 101/Antasari, Korem 102/Panju Panjung, Korem 121/Alambhana Wanawai. 

7. Kodam IX/Udayana 
Kodam Udayana merupakan komando wilayah pertahanan yang mencakup Bali dan Nusa Tenggara. Kodam ini mempunyai moto "Praja Raksaka". Saat ini, Panglima Kodam Udayana dijabat oleh Mayor Jenderal Sonny Aprianto. Kodam Udaya sendiri membawahi Korem 161/Wira Sakti di Kupang, Korem 162/Wira Bhakti di Mataram, dan Korem 163/Wira Satya di Denpasar. 

8. Kodam XII/Tanjungpura 
Kodam Tanjungpura adalah komando wilayah pertahanan untuk Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Kodam ini mempunya moto "Carathana Jita Vina". Saat ini, Kodam Tanungpura dipimpin oleh Mayor Jenderal Sulaiman Agusto. 

9. Kodam XIII/Merdeka 
Kodam Merdeka merupakan komando wilayah pertahanan yang meliputi Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah. Kodam ini bermarkas di Manado, Sulawesi Utara dan dipimpin oleh Mayor Jenderal Alfret Denny Djoike Tuejeh. Kodam Merdeka setidaknya membawahi Korem 131/Santiago di Manado, Korem 132/Tadulako di Palu, dan Korem 133/Nani Wartabone di Gorontalo. 

10. Kodam XIV/Hasanuddin 
Kodam Hasanuddin membawahi wilayah Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara. Kodam Hasanuddin bermarkas di Makassar, Sulawesi Selatan, dan dipimpin oleh Mayor Jenderal Totok Imam Santoso. Kodam ini membawahi Korem 141/Toddapuli di Bone, Korem 142/Taroada Tarogau di Mamuju, dan Korem 143/Halu Oleo di Kendari. 

11. Kodam XVI/Pattimura 
Kodam Pattimura merupakan komando wilayah pertahanan yang menaungi daerah Maluku. Kodam ini bermarkas di Ambon dan dipimpin oleh Mayor Jenderal Ruruh Aris Setyawibawa. Kodam Pattimura menaungi Korem 151/Binaiya di Ambon dan Korem 152/Baabullah di Sofifi. 

12. Kodam XVII/Cenderawasih 
Kodam Cendrawasih adalah komando wilayah pertahanan yang meliputi Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan. Markas Kodam Cendrawasih terletak di Jayapura, Papua, dan dipimpin oleh Mayor Jenderal Muhammad Saleh Mustafa. 

13. Kodam XVIII/Kasuari 
Kodam Kasuari merupakan komando wilayah pertahanan yang mencakup Papua Barat Daya dan Papua Barat. Markas Kodam Kasuari berada di Manokwari, dan dipimpin oleh Mayor Jenderal Gabriel Lama. 

14. Kodam Iskandar Muda 
Kodam Iskandar muda merupakan komando wilayah pertahanan yang khusus hanya menaungi daerah Aceh. Kodam ini bermarkas di Banda Aceh dan dipimpin oleh Mayor Jenderal Mohamad Hasan yang merupakan mantan Komandan Komando Pasukan Khusus. Kodam ini menaungi Korem 011/Lilawangsa di Lhokseumawe dan Korem 012/Teuku Umar di Meulaboh. 

15. Kodam Jayakarta 
Kodam Jayarkata merupakan komando wilayah pertahanan menaungi DKI Jakarta. Kodam Jayakarta saat ini dipimpin oleh Mayor Jenderal Untung Budiharto. Kodam ini membawahi Korem 051/Wijayakarta dan Korem 052/Wijayakrama.(ds/sumber Kompas.com)