TNI - Polri Kerahkan Pesawat hingga Helikopter Cari Pilot Susi Air yang Disandera OPM

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 15/Feb/2023 06:53 WIB


Jakarta (Beritatrans com) - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menyebut pihaknya bersama Polri mengerahkan berbagai upaya untuk mencari pilot Susi Air  Kapten Philip Marten yang disandera Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

"Upaya-upaya pencarian terus dilakukan oleh Tim Gabungan TNI Polri, baik melalui pesawat udara, helikopter maupun melalui jalur darat, dan juga upaya-upaya Pemda Kabupaten Nduga serta para tokoh masyarakat dengan pendekatan soft approach dialog dan membangun komunikasi," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman dalam keterangannya, Selasa, 14 Februari 2023. 

Baca Juga:
OPM Rilis Foto Pilot Susi Air yang Disandera, Kenakan Kaus Bintang Kejora

Selain itu, pihak TNI dan Polri juga terus menjalin komunikasi dengan pihak Susi Air. Seperti pada hari ini, aparat keamanan bertemu Managing Director Maskapai Susi Air Geoffrey Meyssonnier dan Chief Of Operation Susi Air Melinasary

Dalam pertemuan itu, keduanya menyampaikan kesedihan dan merasa sangat terpukul dari kejadian tersebut. Pihak Susi Air menyebut maskapainya telah all out untuk membangun tanah Papua sejak pertama masuk wilayah tersebut pada 2006.

Baca Juga:
Pilot Masih Belum Ditemukan, Usai 4 Hari Susi Air Dibakar

Saat itu, Susi Air mengklaim merintis penerbangan, termasuk secara pribadi membantu memberikan bantuan kesehatan obat-obatan bagi masyarakat, membantu pemerintah dengan mengambil risiko agar penerbangan di Indonesia khususnya Papua bisa lebih berkembang.

"Dengan kejadian ini, kami tidak akan berhenti terbang di wilayah Papua dan kami tetap terbang di tempat lain, namun tolong kami diberi perlindungan," ujar Melinasary. 

Baca Juga:
OPM Sempat Sandera Pesawat Susi Air Beserta Pilot dan 3 Penumpang di Kabupaten Puncak Papua

Ia menyebut insiden pembakaran pesawat Susi Air oleh OPM dan hilangnya pilot Philip terjadi saat maskapai itu memiliki jadwal terbang rutin seminggu sekali ke wilayah tersebut.

OPM Rilis Foto Philip Max Marten

Dalam perkembangan lain, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) merilis foto pilot Susi Air Kapten Philip Max Marten yang disandera sejak Selasa pekan lalu. Dalam foto yang dibagikan, Philip nampak dijaga oleh sejumlah pria bersenjata laras panjang di bawah bendera Bintang Kejora.

Selain itu, dalam salah satu foto nampak Philip mengenakan celana pendek dan jaket dengan kaus bergambarkan bendera Papua Merdeka. 

Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom menyebut foto itu dirilis untuk membantah klaim Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang menyebut pilot Susi Air bukan disandera oleh OPM, melainkan menyelamatkan diri. 

"Kami sampaikan bahwa Panglima TNI adalah pembohong besar, karena TPNPB sudah mengakui bertanggung jawab atas bakar pesawat dan sandera pilot Susi Air yang berwarga negara Selandia Baru, dan kami tepati janji kami dan bertanggungjawab secara politik," ujar Sambom dalam keterangannya, Selasa, 14 Februari 2023.

Sambom menyebut Philip menjadi jaminan pihaknya melakukan negosiasi politik terhadap Indonesia. Sebelumnya, TPNPB-OPM meminta agar pemerintah Indonesia melepaskan Papua agar bisa menjadi Papua Merdeka dengan jaminan Kapten Philip.   (ny/Sumber:Tempo.co)