Jalan Tol Kayuagung - Palembang Rusak Parah, Pengendara Protes

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 07/Mar/2023 13:23 WIB
Tangkapan layar video viral soal kondisi ruas Tol Kayuagung-Palembang yang rusak berat. (Foto: Istimewa) Tangkapan layar video viral soal kondisi ruas Tol Kayuagung-Palembang yang rusak berat. (Foto: Istimewa)

KAYUAGUNG (BeritaTrans.com) - Bagi pengendara kendaraan yang kerap melintas di Jalan Tol Kayuagung - Palembang (Kapal) pasti pernah mengalami ketidaknyamanan di dalam perjalanan, dimana ada beberapa titik ruas jalan terjadi kerusakan yang cukup parah.

Hal ini tentunya membuat kecewa para pengendara kendaraan yang melintas di Jalan Tol Kayuagung - Palembang, karena untuk bisa mengakses jalur bebas hambatan itu mereka harus mengeluarkan biaya dengan nominal tertentu.

Baca Juga:
Puncak Arus Kendaraan di Tol Sumut Diperkirakan Tejadi H-3 Lebaran

Salah satu pengguna mobil pribadi bernama Karno menyebut dengan kondisi demikian tidak hanya membuat perjalanan jadi kurang lancar.

Kondisi kerusakan pada aspal juga berdampak pada kemungkinan rusaknya komponen mobil, mulai dari suspensi, pelek hingga ban.

Baca Juga:
Jalan Tol Trans Jawa Dilintasi 127.000 Kendaraan Selama Libur Panjang Isra Miraj-Imlek

"Sering kali lewat situ beberapa titik jalan kondisinya rusak berat dan banyak aspal, seperti semir sepatu, terkelupas dan tambal sulam yang sudah terkelupas hingga berlubang," ucapnya kepada media, Selasa (7/3/2023) pagi.

Hal senada disampaikan Iwan, jika perbaikan Jalan Tol Kayuagung - Palembang terus dilakukan dan dirasa tidak pernah selesai. Apalagi tidak lama lagi memasuki musim mudik lebaran.

Baca Juga:
1,11 Juta Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Jawa Setiap Hari

"Kenapa rusaknya parah banget, dari bulan Januari 2023 lalu saya lewat sana dan sampai sekarang nggak sudah -sudah perbaikannya," sebutnya mempertanyakan hal tersebut.

Satu video yang menunjukkan ruas jalan yang rusak berat, viral di media sosial. Kondisi jalan yang rusak berat itu disebut berada di ruas tol Kayuagung-Palembang yang dikelola oleh Waskita.

Dilihat BeritaTrans.com, Selasa (7/3/2023) dalam video berdurasi 26 detik itu terlihat kondisi jalan di sisi kanan rusak berat. Sementara, di sisi kiri terlihat seperti jalan yang baru dibeton.

Pengguna tol yang merekam video itu menyampaikan ketidaknyamanannya saat melintasi ruas tol Kayuagung-Palembang tersebut.

"Jalan tol yang jelas-jelas bayar saja lagi begini modelnya, jadi nggak heran lagi kalau jalan di daerah seperti kubangan kerbau. Lokasi tol Kayuagung-Palembang," tulis si pengunggah.

Diketahui, di ruas tol ini juga sempat memakan korban jiwa karena kecelakaan tunggal. Seorang pengendara mobil, mahasiswi bernama Febi Khairunisa tewas akibat kecelakaan setelah menghindari jalan berlubang di jalan tol itu. Kecelakaan terjadi di jalur dua ruas Tol Kayu Agung-Palembang tepatnya di KM 362.

Dikonfirmasi terpisah, Manager Operasional Ruas Kapal PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) Sabdo Harimurti memohon maaf atas ketidaknyamanannya, karena ada perbaikan dan peningkatan kualitas jalan di beberapa lokasi.

Dengan total ada 25 titik lokasi (jalur a dan b) yang difokuskan untuk segera diselesaikan.

"Perbaikan menyebar mulai dari kilometer 330 sampai dengan kilometer 367. Baik ruas dari Kayuagung menuju Palembang ataupun sebaliknya," jelas Sabdo Harimurti.

Saat disinggung mengenai lambannya perbaikan, Sabdo menyebut proses pengerjaan memang dilakukan beberapa waktu hingga mendekati hari raya Idul Fitri mendatang.

"Kami menargetkan akan selesai sebelum H-15 sebelum lebaran, dan prioritas untuk pelayanan lebaran tahun ini," tegasnya.

Guna menjaga keamanan dan kenyamanan bagi seluruh pengguna jalan tol, pihaknya senantiasa menghimbau agar selalu mematuhi rambu rambu lalu lintas, batas kecepatan.

Selain itu memastikan kondisi kendaraan selalu prima, saldo uang elektronik cukup sebelum masuk jalan tol. 

"Apabila pengguna jalan membutuhkan pelayanan saat melintas tol kapal, kami menyediakan call center yang  beroperasi 24 jam dan bisa dihubungi ke nomor 08118886600 dan 07115541478," tutur Sabdo Harimurti.

"Terkait informasi lebih lengkap mengenai pelayanan tol kapalbetung serta informasi literasi berkendara yang berkeselamatan dijalan tol. Dapat dilihat melalui website kami di https://sites.google.com/view/waskitasriwijayatol/home," tutupnya. (Fhm)