Dishub Kota Bekasi Resmi Punya Ruang ATCS dan Gedung Baru Pengujian Kendaraan Bermotor

  • Oleh : Bondan

Selasa, 14/Mar/2023 22:41 WIB
Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto meresmikan ruang ATCS dan gedung baru pengujian kendaraan bermotor. Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto meresmikan ruang ATCS dan gedung baru pengujian kendaraan bermotor.

BEKASI (BeritaTrans.com) -- Memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pengamanan lalu lintas dan pengujian kendaraan bermotor oleh Dinas Perhubungan, Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto meresmikan fasilitas ruang Area Traffic Control System (ATCS) di dalam Markas Komando (Mako) Dishub Kota Bekasi di Jalan Pangeran Jayakarta, Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria dan Gedung Baru Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) yang berlokasi di Jalan Raya Perjuangan, Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Bekasi Utara, Selasa (14/3/2023).

ATCS merupakan sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan yang bertujuan untuk memantau titik-titik rawan kemacetan dan mengurainya dengan cara optimalisasi dan koordinasi pengaturan lalu lintas melalui CCTV di setiap persimpangan dan tim yang berada di lapangan.

Dengan total 120 cctv yang telah terinstal, Tri Adhianto meyakini bahwa pengaturan lalu lintas dapat lebih terorganisir dan cepat dengan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten di bidangnya.

"Mengingat jumlah kendaraan di Kota Bekasi terbilang cukup padat dan di beberapa titik sering terjadi kemacetan, melalui ATCS, pengaturan lalu lintas dapat dimonitor secara langsung dan langkah-langkah penguraian kemacetannya pun dapat lebih cepat ditangani, namun teknologi canggih harus diiringi dan didukung oleh personil yang berkompeten juga cepat tanggap, terapkan komunikasi yang baik, sehingga hadirnya ATCS dapat bermanfaat dengan maksimal," ujar Tri.

Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) milik Dishub Kota Bekasi yang sebelumnya berada di wilayah Bulak Kapal, kini hadir gedung baru yang berlokasi di Jl. Raya Perjuangan, Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Bekasi Utara.

Hadirnya Gedung PKB yang baru merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota Bekasi dalam memberikan fasilitas pelayanan publik terbaik yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas fungsinya dalam Pengujian Kendaraan Bermotor Berkala Pertama, Pengujian Kendaraan Bermotor Berkala, Penilaian Kondisi Teknis Kendaraan Bermotor, Mutasi Uji Masuk/ Keluar Kendaraan Bermotor, Rekomendasi Numpang Uji Kendaraan Bermotor, Surat Keterangan Hasil Uji Kendaraan Bermotor, Ubah Status Kendaraan Bermotor, dan Perubahan Bentuk Kendaraan Bermotor.

"Pesan saya kepada jajaran dan seluruh personil juga aparatur Dishub, jaga dan rawat gedung baru ini dengan baik agar dapat bermanfaat penuh dan juga dapat meningkatkan kualitas kendaraan bermotor setelah lolos dari pengujian sehingga mampu menghasilkan transportasi publik yang aman dan nyaman," pungkas Tri. (Dan)

Baca Juga:
Uji Coba BISKITA Trans Bekasi Patriot, Kadishub: Terintegrasi ke Stasiun LRT