Kemenhub Sediakan Bus dan Truk untuk Layani Mudik Sepeda Motor Gratis

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 24/Mar/2023 19:14 WIB
Media Brefing Kemenhub tentang program mudik gratis angkutan Lebaran 2023, di kantor Kemenhun, Jumat (24/3/2023). Media Brefing Kemenhub tentang program mudik gratis angkutan Lebaran 2023, di kantor Kemenhun, Jumat (24/3/2023).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan layanan mudik motor gratis dengan bus atau truk. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat juga menghimbau kepada masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor dengan jarak jauh.

Total kuota pengangkutan mudik sepeda motor sebanyak 900 unit, yang terbagi menjadi 450 unit untuk arus mudik dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 30 unit truk (15 unit truk mudik dan 15 unit truk balik).

Baca Juga:
Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Masih Tinggi

Selain itu, juga menyediakan 24.072 kuota mudik gratis yang terdiri dari 18.528 orang untuk arus mudik dengan 459 bus dan 5.544 orang untuk arus balik dengan 126 bus.

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Suharto, mengungkapkan Kemenhub tidak mengistimewakan sepeda motor dalam program mudik gratis ini. Melainkan untuk menekan angka kecelakaan saat mudik.

Baca Juga:
H+4 Lebaran,1,2 juta Orang Terpantau Gunakan Angkutan Umum

Suharto menjelaskan, secara regulasi sepeda motor adalah alat transportasi untuk jarak pendek. Namun, di lapangan banyak masyarakat yang menggunakan sepeda motor sebagai transportasi jarak jauh, salah satunya untuk mudik.

"Secara regulasi sepeda motor itu digunakan untuk jarak pendek bukan jarak panjang, tapi kenyataannya 25 juta pemudik menggunakan motor. Kalau kita lihat histori kecelakaan 24,4 ribu orang meninggal setiap tahunnya, sehingga kita bisa memperhitungkan 24 ribu tadi mempunyai fatalitas tinggi," kata Suharto di kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Peserta Balik Gratis Moda Bus dari 9 Terminal

Ditjen Hubdat tidak ingin sepeda motor memberikan kontribusi terhadap kecelakaan. Oleh karena itulah, Pemerintah memfasilitasi masyarakat khususnya pengguna motor untuk memanfaatkan program mudik gratis lebaran dari Kemenhub.

"Kami tidak ingin motor memberikan kontribusi kecelakaan tadi agar mendorong fatalitas tadi diminimalkan pemerintah memfasilitasi mudik gratis tadi," pungkasnya.(fhm)