Wapres Tegaskan Pemerintah Sudah Antisipasi Potensi 123 Juta Orang Mudik Lebaran

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 31/Mar/2023 10:20 WIB
Mudik pada Lebaran Idulfitri tahun 2023.  Mudik pada Lebaran Idulfitri tahun 2023. 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pemerintah telah mengantisipasi potensi 123,8 juta orang yang akan melaksanakan mudik pada Lebaran Idulfitri tahun 2023 ini. Hal ini ditegaskan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. 

"Saya kira pemerintah sudah memetakan dalam rangka menghadapi lebaran. Juga kebutuhan akan mudik karena diperkirakan akan mudik ini besar karena kemarin kemarin kan terhalang, walaupun sekarang Covid-19 belum habis betul tapi sudah lebih," kata Wapres dalam saat memberikan keterangan kepada awak media di sela-sela kunjungan kerjanya di Banda Aceh, Provinsi Aceh, Kamis (30/3/2023). 

Sementara itu, menurut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebanyak 123,8 juta orang akan melaksanakan mudik di Hari Raya Idul Fitri tahun ini. 
Potensi pilihan moda transportasi terbanyak yang digunakan adalah mobil pribadi (22,07 persen), sepeda motor (20,30 persen), dan bus (18,39 persen). 

"(Pemerintah) sudah menyiapkan di jalan-jalan, angkutan, semuanya itu sudah dipersiapkan, jadi semua jalur-jalur udara, darat laut, itu sudah disiapkan oleh pemerintah termasuk pengamanan oleh pihak kepolisian itu sudah, termasuk juga antisipasi juga yang mudik menggunakan motor yang memang banyak yang kecelakaan ya," tegas Wapres. 

Lebih lanjut, Wapres mendorong masyarakat agar mengikuti mudik gratis. "Sekarang ini kan banyak dilakukan mudik gratis ya, ini dilakukan oleh pemerintah juga, pemerintah daerah oleh berbagai komunitas maksudnya ini supaya mereka tidak mudik pakai motor. Jadi ada mudik gratis, bis-bis yang disediakan untuk mereka yang mudik," jelasnya. 

"Oleh karena itu kita imbau supaya dia betul-betul menjaga diri dan mempersiapkan diri kalau mudik pakai motor. Sebab itu berbahaya ya. Kalau bisa pemerintah meminta jangan (mudik) pakai motor. Karena itu ada mudik gratis. Mudah-mudahan tahun ini kalau tidak ada, bagus, kalau yang jumlahnya tidak banyak,” tandasnya. (ds/sumber Sindonews.com)