Jatah Bagasi Gratis Penumpang Lion Air dari dan ke 8 Bandara ini Dipangkas jadi 15 Kg

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 01/Apr/2023 14:07 WIB
Pesawat Lion Air (dok) Pesawat Lion Air (dok)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Lion Air menyampaikan kebijakan terbaru mengenai bagasi gratis (cuma-cuma) kategori bagasi tercatat (didaftarkan) setiap penumpang mengalami penyesuaian menjadi 15kg.

Ini berlaku khusus rute dari dan menuju delapan destinasi di Indonesia bagian timur.

Baca Juga:
Batik Air Layani Rute Surabaya-Pangkalan Bun Mulai 16 Februari

Di antaranya yakni Bandara Pattimura, Ambon, Maluku (AMQ), Bandara Sultan Babullah, Ternate, Maluku Utara (TTE), Bandara Dominie Eduard Osok, Sorong, Papua Barat (SOQ), Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat (MKW), Bandara Mozes Kilangin Timika, Mimika, Papua Tengah (TIM).

Selanjutnya Bandara Frans Kaisiepo, Biak, Biak Numfor, Papua (BIK), Bandara Sentani, Jayapura, Papua (DJJ), dan Bandara Mopah Merauke, Papua Selatan (MKQ).

Baca Juga:
Lion Air Resmi Terbangi Langit Ternate - Jakarta

Penyesuaian ini berlaku berlaku 1 April 2023 dengan ketentuan:

1.  Pembelian tiket pesawat Lion Air (tiket yang diterbitkan) pada 1 April 2023

Baca Juga:
Lion Air Buka Penerbangan Langsung Jakarta-Sorong, Ini Jadwalnya!

2. Periode terbang dimulai 1 April 2023.

"Apabila calon penumpang membeli tiket sebelum hari ini dan berangkat pada 01 April 2023 seterusnya, masih mendapatkan bagasi gratis 20kg," ujar Corporate Communication Strategic Lion Air Danang Mandala, Sabtu (1/4/2023).

Bila calon penumpang memiliki penerbangan lanjutan (connecting flight atau transit) meliputi dari dan tujuan delapan destinasi tetap mengacu pada bagasi cuma-cuma terbesar setelah dibandingkan antara dua atau lebih maskapai serta rute yang digunakan (dilalui).

Contoh #1, keberangkatan 13 April 2023 pada penerbangan Lion Air

· Jakarta ke Makassar (20kg)

· Makassar ke Merauke (15kg)

Penjelasan: Lion Air rute Jakarta ke Makassar memiliki gratis bagasi tercatat paling besar di antara kedua sektor rute. Maka, calon penumpang memeroleh 20kg pada sektor Jakarta – Makassar – Merauke.

Contoh #2, keberangkatan 13 April 2023 pada penerbangan transit kombinasi Lion Air dan Batik Air

· Batik Air Jakarta ke Makassar (20kg)

· Lion Air Makassar ke Merauke (15kg)

Penjelasan: Batik Air rute Jakarta ke Makassar memiliki gratis bagasi tercatat paling besar di antara kedua sektor rute. Maka, calon penumpang memeroleh 20kg untuk rute Jakarta – Makassar – Merauke.

Contoh #3, keberangkatan 13 April 2023 pada penerbangan transit kombinasi Lion Air dan Wings Air

· Lion Air Makassar ke Ambon (15kg)

· Wings Air Ambon ke Saumlaki (0kg)

Penjelasan: Lion Air Makassar ke Ambon memiliki gratis bagasi tercatat paling besar diantara kedua sektor rute. Maka, calon penumpang memeroleh 15kg untuk rute Makassar – Ambon – Saumlaki.

Danang mengatakan, kebijakan penyesuaian total bagasi gratis menjadi 15kg dapat berdampak pada pergerakan komoditas dan produk UMKM dari dan menuju Indonesia bagian timur, antara lain

Pertama, menstimulasi pengiriman komoditas dan produk UMKM secara tepat. Hal ini dapat membantu prioritas pengiriman kargo produk UMKM lebih besar dan terjangkau bagi konsumen.

Kedua, mendongkrak komoditas dan produk UMKM Indonesia bagian timur dengan memanfaatkan kapasitas kargo yang tersedia lebih efektif.

Ketiga, meningkatkan daya saing produk UMKM semakin kompetitif, karena pengangkutan dan pengiriman yang lebih cepat dengan kapasitas lebih besar.

Keempat, meningkatkan kualitas layanan transportasi dengan memastikan bahwa berat kargo komoditas dan produk UMKM yang diangkut sesuai kapasitas pesawat.

'Tujuannya membantu mengurangi risiko keterlambatan pengiriman yang disebabkan oleh kelebihan beban pada pesawat," kata dia.

Wilayah Maluku dan Pulau Papua memiliki potensi sumber daya alam yang kaya dan beragam, termasuk komoditas unggulan dan produk UMKM yang dapat dikembangkan.

Beberapa komoditas unggulan dan produk UMKM di Papua antara lain pertanian: sagu, kelapa, coklat, kopi, vanili, dan kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hijau. Perikanan: ikan tuna, ikan kakap, lobster, udang, kepiting dan kerang.

Kerajinan tangan: ukiran kayu dan batu, anyaman tikar dan topi, serta senjata tradisional. Produk makanan dan minuman: bubur kacang hijau, roti, pepes ikan dan aneka jenis masakan khas Papua.

Kebijakan penyesuaian total bagasi gratis menjadi 15kg pada dasarnya dapat memberikan keuntungan bagi penumpang dengan membuat perjalanan udara semakin praktis dan mudah, antara lain:

Pertama, penumpang lebih mudah mempersiapkan bagasi mengikuti batasan berat bagasi sesuai dengan ketentuan maskapai. Hal ini membantu menghindari biaya tambahan yang mungkin dikenakan jika bagasi melebihi batas berat yang diizinkan.

Kedua, mengurangi risiko kehilangan atau kerusakan barang bawaan, penumpang mudah mengawasi barang bawaan selama penerbangan dan mengurangi potensi risiko kehilangan atau kerusakan barang bawaan.

Ketiga, mengurangi waktu yang dibutuhkan saat proses check-in. Batasan berat bagasi yang lebih rendah, penumpang berkontribusi dalam menyelesaikan proses check-in menjadi lebih cepat.

Keempat, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pengambilan bagasi dan membawanya setelah tiba di bandar udara tujuan.

Kelima, penumpang akan lebih cenderung membawa barang-barang yang benar-benar diperlukan saja, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pengaturan bagasi.

Lion Air menyampaikan, tetap penting bagi penumpang untuk memeriksa ketentuan Lion Air sebelum melakukan perjalanan dan mempersiapkan diri dengan baik agar tidak terkena biaya tambahan dan menghindari ketidaknyamanan selama perjalanan.

"Dalam upaya memberikan rasa kenyamanan untuk mempersiapkan rencana perjalanan udara lebih awal, Lion Air menghimbau, bagi calon penumpang yang memesan tiket penerbangan domestik 1 April 2023 dan setelahnya serta ingin menambah kuota bagasi, maka tetap dapat membeli bagasi pra-pesan (pre-paid baggage) maksimum 30kg ketika memesan tiket," ungkap Danang.

Calon penumpang yang belum melakukan pemesanan kuota bagasi dan ingin menambah kuota bagasi, dapat membeli di konter check-in atau pusat layanan pelanggan di bandara. (omy)