Tren Penumpang KRL Maningkat Pada Hari Libur Mendekati Lebaran

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 09/Apr/2023 17:25 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Memasuki pertengahan Ramadhan tepatnya puasa ke-18, penumpang di stasiun-stasiun yang dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Stasiun Tanah Abang, Stasiun Tebet, Stasiun Tanjung Barat dan Stasiun Depok Baru terpantau kondusif.  

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, kini animo masyarakat untuk berbelanja menyambut lebaran meningkat pasca pandemic selama dua tahun terakhir.

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

"KAI Commuter mencatat rata-rata jumlah volume pengguna pada hari libur minggu ini adalah sebanyak 543.602 orang, atau naik 6% jika dibanding rata-rata minggu lalu yaitu sebanyak 513.170 orang," ujar Anne pada Ahad (9/4/2023).

Dirincikan, Stasiun Tanah Abang dengan volume penumpang yang turun sebanyak 43.337 orang. Sementara itu di Stasiun Tebet sebanyak 6.613 orang, di Stasiun Depok Baru 6.587 orang, dan Stasiun Tanjung Barat sebanyak 3.406 orang yang turun di stasiun-stasiun tersebut. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Pengguna yang memanfaatkan commuterline untuk mobilitas dalam aktivitas berbelanjanya, diimbau untuk selalu meperhatikan syarat dan ketentuan dalam membawa barang bawaannya. 

"Tidak membawa barang bawaan yang melebihi ukuran 40 cm x 30 cm x 100 cm. Barang bawannya juga harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu atau membahayakan pengguna jasa lain dan tidak akan menimbulkan kerusakan pada Commuterline," tambah Anne.

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Untuk pengguna Senin diimbau memanfaatkan waktu senggang yakni diakhir pekan untuk kembali kembali ke lokasi aktivitasnya di hari-hari kerja esok hari. Terpantau persebaran pengguna commuterline pada hari kerja terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30 – 07.30 WIB, dan pada jam-jam sibuk sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB.

Perlu diketahui, KAI Commuter melakukan penyesuaian perjalanan di lintas Rangkasbitung. 
Saat ini total perjalanan commuterline Jabodetabek menjadi 1.107 tiap harinya, mengoperasikan 98 rangkaian kereta. Dimana perjalanan commuterline Lin Bogor 393 perjalanan, Lin Bekasi 300 perjalanan, Lin Rangkasbitung sebanyak 220 perjalanan, Lin Tangerang 108 perjalanan dan Lin Tanjungpriuk 86 perjalanan. (Fhm)