Tiket Bus untuk Mudik Lebaran Sudah Mulai Mengalami Kenaikan

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 12/Apr/2023 13:32 WIB
Tiket bus di Terminal Induk Kota Bekasi sudah mulai mengalami penyesuaian tarif secara bertahap menjelang Lebaran.  Tiket bus di Terminal Induk Kota Bekasi sudah mulai mengalami penyesuaian tarif secara bertahap menjelang Lebaran.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Harga tiket bus antarkota antarpropinsi (AKAP) sudah mulai mengalami kenaikan.

Di Terminal Induk Kota Bekasi, Jawa Barat, penyesuaian tarif sudah terjadi beberapa hari belakangan dan akan terus meningkat hingga setelah lebaran.

Baca Juga:
Bus Trans Jatim: Jadwal, Rute, Tarif dan Promo Terbaru Maret 2024

Seperti yang terjadi pada agen Terminal Bekasi PO Bus ANS tujuan Padang. Harga tiket mengalami kenaikan bertahap dengan bersaran berkisar Rp100 ribu. 

"Kalau untuk tiket kita bertahap ya, dari tanggal 10 sampai tanggal 13 April 2023 itu harga yang royal class Rp 775 ribu dan yang eksekutifnya Rp600 ribu," ujar petugas tiketing ANS, Cucu Sumarni, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga:
Tarif Bus TransJakarta Rute Kalideres-Bandara Soetta Diusulkan Rp 5.000

"Dari mulai tanggal 14 sampai dengan 30 April, royal classnya Rp875 ribu dan yang eksekutif Rp750 ribu," jelas Cucu. 

Bukan hanya tarif bus PO ANS, sejumlah PO seperti NPM, MPM, Sinar Dempo dan yang lainnya dengan tujuan Sumatera sudah mengalami kenaikan.

Baca Juga:
Jelang Libur Panjang, Penumpang di Terminal Bekasi Semakin Ramai

Bahkan beberapa bus juga sudah tidak menjual tiket lagi lantaran sudah habis terjual. 

Seperti bus ANS dari Bekasi, untuk H-1 Lebaran, bangku bus sudah terjual habis. Saat ini agen hanya melayani keberangkatan dan kedatangan. 

"Kita tujuan Padang untuk sampai tanggal 20 penuh semua tiket, satu hari kita dari sini berangkat tiga bus," ujar Cucu.

Bagi penumpang bus yang ingin naik dari Terminal Induk Kota Bekasi tidak usah khawatir dengan kehabisan tiket. Agen di terminal tersebut siap membantu mencarikan moda alternatif tambahan dengan PO yang sudah bekerja sama.

Kenaikan tiket bus AKDP di Terminal Bekasi

Tarif perjalanan bus antarkota dalampropinsi (AKDP) dari Perusahaan Otobus (PO) Primajasa akan mengalami kenaikan saat menjelang masa angkutan mudik.

Pengurus bus Primajasa Perwakilan Terminal Induk Kota Bekasi, Mulyadi mengatakan, tarif tiket perjalanan akan naik untuk semua rute.

“Rencana dari pihak manajemen untuk kenaikan tarif sekitar tanggal 14 April 2023. Kenaikannya sekitar 15 persen," ujar ujar Mulyadi di Terminal Induk Kota Bekasi, Sabtu (8/4/2023).

Dia menjelaskan adapun rute dan tarif yang mengalami kenaikan yaitu, rute Bekasi-Kuningan yang awalnya kelas bisnis Rp. 120.000 menjadi Rp. 135.000. Bekasi-Merak yang awalnya Rp. 55.000 menjadi Rp. 60.000, Bekasi-Bandung yang awalnya Rp. 70.000 menjadi Rp. 80.000.

Untuk prediksi, lanjut Mulyadi, peningkatan penumpang pada arus mudik lebaran 2023, sekitar 19-20 April.

“Karena mengingat banyak karyawan yang masih bekerja saat mendekati libur lebaran,” lanjutnya.

Untuk mengantisipasi pelonjakan penumpang, Primajasa Perwakilan telah menyiapkan sejumlah bus tambahan. (Fahmi)