Persiapan Angkutan Lebaran, Kemenhub Resmi Buka Posko Pusat Koordinasi

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 14/Apr/2023 09:39 WIB
Foro:Istimewa Foro:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melakukan pembukaan Posko Pusat dan Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2023 di Command Center, Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (14/4/2023).

Turut hadir dari BMKG, Basarnas, TNI, Polri, KNKT, Kementerian PMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan, Kemendagri, Polhukam, Bea Cukai, Stakeholder serta pemaparan oleh dari Dirjen Kemenhub yaitu, Darat, Laut, Udara, dan Perkeretaapaian.

Baca Juga:
Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Masih Tinggi

"Sesuai instruksi presiden, tolong dilakukan pelayanan sebaik baiknya," ujar Menteri Pehubungan Budi Karya Sumadi, Jumat (14/4/2023).

Budi menegaskan kesiapan pada periode musim mudik Lebaran 2023 ini harus dikoordinasikan dengan baik dan tetap terkordinasi.

Baca Juga:
H+4 Lebaran,1,2 juta Orang Terpantau Gunakan Angkutan Umum

Dia juga mengatakan adanya potensi dan kesiapan jalan protokol, Jalan Tol yang akan dibuka fungsional dan adanya one way.

"Cipali potensi one way, yang kedua ada di Merak, tahun ini kita tambah Pelabuhan, ada juga tempat-tempat yang perkirakan gelombang lautnya tinggi," kata Kemanhub.

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Peserta Balik Gratis Moda Bus dari 9 Terminal

Menhub juga menegaskan harus ada penanganan secara ekstra pada pelabuhan penyeberangan terutama Merak-Bakauheni. Hal itu juga dengan koordinasi BMKG, Basarnas, ASDP, dan juga pengamanan dari TNI dan Polri.

Menhub Budi juga mengimbau kepada masyrakat untuk tidak mudik dengan sepeda motor. "Pengguna sepeda motor seyogyanya sangat rawan, maka Pemerintah bersama Polri, TNI akan melakuakan penanganan. Perlu diketahui Pemerintah juga menyiapkan bis gratis, kereta api gratis, dan kapal gratis," ujar Budi.

Tempat Commant Center diharapakan menjadi tempat koordinasi dengan baik dan pengambil keputusan dalam menangani arus mudik dan balik.(fahmi)