KAI Prediksi Puncak Arus Mudik dengan Kereta Api pada 21 April

  • Oleh : Fahmi

Senin, 17/Apr/2023 22:19 WIB
Foto/ dok.KAI Foto/ dok.KAI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memprediksi puncak arus mudik yang meninggalkan area Jakarta dengan moda transportasi kereta api akan jatuh pada 21 April 2023.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyebut prediksi itu berdasarkan jumlah pesanan tiket yang sudah dibeli oleh calon pemudik.

Baca Juga:
73 Persen Tiket Kereta Api Angkutan Lebaran Telah Terjual Hingga Hari Ini Rabu, Pamudik Ramai Arah Surabaya

"Sampai saat ini paling banyak pemilihan jadwal untuk keberangkatan dilakukan untuk tanggal 21 April sehingga prediksinya puncak dari arus mudik dari area Daop 1 Jakarta ada di 21 April," kata Eva di Stasiun Senen, Jakarta, Ahad (16/4/2023).


Eva menjelaskan, peningkatan jumlah pemudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah sudah mulai terlihat sejak 14 April 2023. Mayoritas pemudik banyak yang meninggalkan area Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca Juga:
Stasiun Masih Padat, Hari Ini ada 38.000 Pemudik Kereta Api yang Berangkat dari Jakarta

"Jadi kalau tanggal-tanggal yang paling banyak diminati oleh masyarakat yang sudah melakukan pemesanan tiket itu ada pada 17 April sampai dengan 23 April," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam rangka mengantisipasi peningkatan jumlah arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini, PT KAI telah menyiapkan sekitar 1 juta kursi kereta api untuk perjalanan pada 12 April sampai 3 Mei 2023. Eva menerangkan, dari 1 juta kursi itu, sudah ada 560.000 kursi yang terjual.

Baca Juga:
Simpan Kendaraan Pribadi, Waktunya Mudik dengan Kereta Api

"Kalau kita bicara mengenai ketersediaan tiket di masa pra-Lebaran ini memang sekitar 90 persennya sudah terjual, untuk pra-Lebaran ya," kata Eva.(fhm)