Alami Peningkatan, KRL Tujuan Rangkasbitung Layani Lebih 19 Ribu Penumpang Per Hari

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 20/Apr/2023 14:56 WIB
Penumpang KRL dan KA Lokal ramaikan Stasiun Cikarang. (Ilustrasi) Penumpang KRL dan KA Lokal ramaikan Stasiun Cikarang. (Ilustrasi)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jumlah penumpang KRL dan KA Lokal mengalami peningkatann saat menjelang libur Angkutan Lebaran ini. Bahkan ada stasiun yang alami pelonjakan penumpang harian. 

Berdasarkan pantauan KAI Commuter, volume pengguna commuterline Jabodetabek selama masa Angkutan Lebaran (14-19/4/2023) sebanyak 4.355.175 orang. Sementara itu pada hari pertama cuti bersama kemarin Rabu, (19/4) yang bertepatan dengan H-3 volume pengguna sebanyak 578.785 orang. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

"Dari pantauan di stasiun-stasiun integrasi dengan perjalanan KA Lokal, terpantau terjadi kenaikan volume pengguna," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Kamis (20/4/2023).

Anne menjelaskan, di Stasiun Rangkasbitung, pada hari pertama cuti bersama kemarin, ada sebanyak 19.266 orang yang turun di Stasiun tersebut. Angka tersebut naik sebesar 31% jika dibanding hari Selasa, (18/4/2022) yaitu sebanyak 14.700 orang. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Menurut Anne, kenaikan ini juga berbanding lurus dengan kenaikan volume pengguna KA Lokal di Stasiun Rangkasbitung. Tercatat sebanyak 4.826 orang yang naik KA Lokal Merak dari stasiun tersebut, atau naik 22% jika dibanding dengan sehari sebelumnya yaitu sebanyak 3.969 orang.  

Untuk volume pengguna KA Lokal Merak, KAI Commuter mencatat volume pengguna sepanjang masa Angkutan Lebaran tahun ini total sebanyak 49.928 orang. Sedangkan kemarin Rabu (19/4), tercatat volume sebanyak 8.807 orang. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

"Dari angka tersebut naik sebesar 9% jika dibanding volume pengguna pada satu hari sebelumnya yaitu sebanyak 8.107 orang," kata Anne.

Anne juga menambahkan, KAI Commuter telah mengantisipasi kenaikan volume pengguna tersebut dengan manambah fasilitas pelayanan di Stasiun Rangkasbitung, seperti penambahan tenda di hall barat maupun hall timur stasiun untuk tempat tunggu pengguna dan menambahkan 7 unit toilet portable, kursi-kursi tunggu pengguna. 

KAI Commuter juga menambahkan 5 petugas loket tambahan, 6 petugas pengamanan tambahan dan 4 petugas kebersihan tambahan. 

Diinfokan, bahwa perjalanan KA Lokal Merak mulai tanggal 15 April s.d. 30 April hanya sampai dengan Stasiun Cilegon. Jumlah operasional kereta sebanyak 14 perjalanan dengan jam operasi dari pukul 05:02 WIB s.d. 21:46 WIB dari Stasiun Rangkasbitung menuju Staisun Cilegon dan sebaliknya. (fahmi)