Batik Air Buka Penerbangan Baru Tujuan Hanoi dan Ho Chi Minh City di Vietnam

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 27/Apr/2023 10:41 WIB
Pesawat Batik Air. (Ist) Pesawat Batik Air. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Batik Air menambahkan dua kota tujuan di Vietnam yaitu Hanoi - Bandara Internasional Nội Bài (HAN) dan Ho Chi Minh City (Saigon) - Bandara Internasional Tân Sơn Nhất (SGN), setelah Da Nang mulai 26 Mei 2023.

"Secara keseluruhan, Vietnam memiliki keunikan dan daya tarik yang beragam dan menarik, dari warisan budaya, kuliner, pantai dan alam, sejarah, hingga keramahan penduduknya," ujar Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, Kamis (26/4/2023).

Baca Juga:
Batik Air Tawarkan Liburan Murah ke Luar Negeri dari Pekanbaru, PP dan Nginap 3 Hari di Kualalumpur Mulai Rp 826 Ribu

Penerbangan Batik Air ini menawarkan keuntungan bagi wisatawan dan pebisnis dari Medan – Bandara Internasional Kualanamu (KNO), Jakarta – Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), Jogja – Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Surabaya – Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo (SUB), Denpasar – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS), Makassar – Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan (UPG).

Penerbangan dari Indonesia terkoneksi dengan Batik Air Malaysia (kode penerbangan OD). 

Baca Juga:
Batik Air Buka Rute Terbang Kualanamu-Penang Malaysia, Ini Jadwalnya!

Beberapa keuntungan bagi pebisnis dan wisatawan dari Indonesia yang melakukan perjalanan ke Vietnam dengan transit dari Kuala Lumpur, antara lain disebutkan Danang ialah transit di Kuala Lumpur relatif mudah, karena bandara di Kuala Lumpur merupakan salah satu pusat transportasi udara terbesar di Asia Tenggara. Penerbangan dari Indonesia ke Kuala Lumpur menawarkan jadwal penerbangan dengan waktu tunggu transit yang nyaman.

"Kesempatan mengunjungi Kuala Lumpur yang merupakan tujuan wisata populer di Asia Tenggara lebih besar ke tempat-tempat wisata di Kuala Lumpur sebelum melanjutkan perjalanan ke Vietnam," ujar Danang.

Baca Juga:
Dukung Kalteng Expo 2023, Batik Air Sediakan 5.616 Kursi Domestik dan Aksesibilitas 67.392 Kursi Rute Internasional

Menurut Danang, penerbangan dengan transit dari Kuala Lumpur dapat lebih menjadi alternatif baru ke Vietnam dengan jadwal penerbangan yang lebih tepat dan waktu transit lebih pendek.

"Pilihan penerbangan Batik Air menyediakan rute Indonesia menuju Kuala Lumpur dan Vietnam lebih beragam, sehingga pebisnis dan wisatawan memiliki lebih banyak pilihan jadwal penerbangan, sehingga mereka untuk memilih jadwal yang sesuai dengan kebutuhan dan jadwal yang lebih fleksibel," kata Danang. 

Selain itu, biaya yang lebih terjangkau melalui penerbangan dengan transit dari Kuala Lumpur.

Alasan Penerbangan Ini

Terdapat beberapa alasan Batik Air membuka penerbangan Indonesia menuju Vietnam, seperti Hanoi, Ho Chi Minh City dan Da Nang, mencakup:

1. Vietnam merupakan salah satu negara dengan ekonomi yang berkembang pesat di Asia Tenggara, sehingga potensi pasar bagi maskapai penerbangan semakin terbuka lebar.

2. Semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Vietnam dari Indonesia dan dari Vietnam ke Indonesia, permintaan untuk penerbangan antara kedua negara semakin tinggi. Batik Air optimis dapat memenuhi permintaan tersebut dan memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pebisnis dan wisatawan. Salah satu keunikan wiata, Vietnam terkenal sebagai Tanah Lotus, karena bunga nasional Vietnam dan tumbuh di sepanjang sungai dan danau di negara ini.

3. Indonesia dan Vietnam merupakan dua negara yang memiliki hubungan bilateral yang semakin baik dari waktu ke waktu serta multilateral Indonesia – Malaysia – Vietnam. Dengan membuka rute penerbangan, Batik Air dapat membantu mempererat hubungan kedua negara dengan memudahkan akses dan mobilitas antara keduanya.

4. Potensi koneksi lanjutan. Rute penerbangan baru juga membuka potensi koneksi lanjutan bagi wisatawan dan pebisnis untuk berkunjung ke berbagai destinasi di Indonesia dan di Vietnam.

5. Dampak positif bagi industri aviasi. Penerbangan langsung dari Indonesia ke Vietnam, akan memberikan dampak positif bagi perkembangan industri penerbangan  dan sektor pariwisata Indonesia dan Vietnam. Permintaan untuk penerbangan ke Vietnam dan Indonesia dapat meningkat.

Batik Air mengoperasikan pesawat generasi terbaru Boeing 737-800NG. Pesawat ini didesain dengan kabin yang lebih nyaman, makanan dan minuman gratis, serta hiburan in-flight yang lengkap. Layanan Batik Air bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para tamu (sebutan penumpang), dalam mengakomodir perjalanan bisnis dan liburan.(fhm)