Bus Arus Balik Mudik Gratis Kemenhub Diberangkat Serentak dari 8 Terminal Hari ini

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 28/Apr/2023 18:34 WIB
Pelepasan arus balik di delapan teemina secara serentak Pelepasan arus balik di delapan teemina secara serentak

SOLO (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat secara serentak melepas keberangkatan sebanyak 126 bus balik gratis dari delapan kota, Jumat (28/4/2023) pagi.

Keberangkatan yakni dari Surabaya, Madiun, Wonogiri, Solo, D.I. Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, dan Cirebon. 

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Peserta Balik Gratis Moda Bus dari 9 Terminal

Total sebanyak 5.544 orang untuk arus balik telah diberangkatkan untuk kembali ke Jabodetabek. 

Selain itu juga sebanyak 15 truk digunakan mengangkut 450 unit motor khusus untuk program balik gratis ini yang telah diberangkatkan sehari sebelumnya pada Kamis (27/4/2023).

Baca Juga:
Menhub Lepas Keberangkatan Penumpang Mudik Gratis dengan Bus di Terminal Jatijajar

“Keberangkatan masyarakat peserta mudik gratis ini kami lepas dari delapan terminal di Jawa Timur, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Barat yakni Terminal Purabaya Bungurasih Surabaya, Terminal Purboyo Madiun, Terminal Giri Adipura Wonogiri, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Giwangan Yogyakarta, Terminal Bulupitu Purwokerto, Terminal Mangkang Semarang, dan Terminal Harjamukti Cirebon,” kata Direktur Angkutan Jalan, Suharto yang melepas rombongan dari Terminal Tirtonadi.

Dia berharap, mudik maupun balik gratis dengan bus yang diselenggarakan Kemenhub dapat menambah kebahagiaan dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Baca Juga:
Operator Bus Diimbau Tak Gunakan Klakson Telolet

“Saya juga berharap saudara sekalian dapat tetap mematuhi protokol kesehatan agar setibanya di Jakarta dapat beraktifitas kembali. Pada kesempatan ini juga saya mengucapkan kepada Walikota Surakarta maupun seluruh Pemerintah Daerah di kota lainnya yang turut membantu terselenggaranya kegiatan mudik gratis ini. Semoga apa yang telah kita upayakan bermanfaat bagi masyarakat,” urai Suharto.

Arus balik mudik gratis ini merupakan bagian dari rangkaian keseluruhan kegiatan mudik gratis dari Kemenhub. Sebelumnya pemberangkatan penumpang mudik gratis telah dilakukan pada 18-19 April 2023 dari lima terminal di Jabodetabek dengan menyediakan sarana angkutan bus dan truk pengangkut sepeda motor. 

Di waktu yang sama, juga dilakukan pelepasan mudik gratis di Terminal Giwangan Yogyakarta oleh Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Popik Montanasyah dan di Terminal Purboyo Madiun oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Amirulloh. 

Direktur Prasarana Transportasi Jalan Popik Montanasyah ketika melepas keberangkatan bus di Terminal Giwangan Yogyakarta mengatakan, dengan menyediakan sarana angkutan bus dan truk pengangkut sepeda motor diharapkan kegiatan ini berjalan dengan aman dan berkesan bagi masyarakat sebagaimana tema mudik tahun ini yaitu Mudik Aman Berkesan.

Sementara itu, Sesditjen Perhubungan Darat Amirulloh yang hadir di Terminal Purboyo Madiun mengatakan, ini merupakan bagian dari program pemerintah bagaimana mengurangi kepadatan lalu lintas.

"Bagian bagaimana kita menjaga kelancaran lalu lintas, bagaimana kita menjaga keselamatan dalam arus mudik Lebaran tahun ini," ujarnya.

Menurutnya ada hampir 360-an lebih warga Madiun yang akan kembali ke tempat bekerjanya baik di Surabaya maupun di Jabodetabek. (omy)